Awal Langkah Membuka Usaha Online Buat Pemula

Awal Langkah Membuka Usaha  Online Buat Pemula

18485596_1032772473521458_1867892911141832900_n

Apakah Anda tengah  mencari peluang usaha yang dapat  dikerjakan melalui  internet?
Apakah Anda juga tengah  berpikir dalam  mencari cara memulai bisnis online dan hendak mendapatkan penghasilan lainnya disamping pekerjaan pokok Anda (hitung-hitung persiapan pensiunan satu lima tahun yang akan datang?
Atau, Anda memang sungguh-sungguh  ingin berfokus menyelami  jalur usaha online sebagai kendaraan untuk memperoleh  sumber penghasilan utama?

Pelan-pelan…., Anda tidaklah  sendirian…

Ramai  orang-orang di luaran sana sedang mengerjakan  hal serupa. Termasuk orang di sekitaran  Saya mulai dari Istri, anak-anak, dan dibantu beberapa admin …
Internet yang dewasa  ini melahirkan  dunia virtual, ternyata mampu memaksa  kita untuk membangun bisnis atau usaha online secara  cepat dan bisa  dijadikan sumber pendapatan yang sangat menjanjikan.
Nah, disini ingin sharing  pengalaman saya tentang bagaimana merintis  usaha online  melalui media internet, plus apa saja yang diperlukan ketika akan  memulai usaha  online, serta  hal-hal utama  apa yang krusial untuk dilaksanakan  agar  usaha  online Anda dapat  segera dijalankan.
Karena  itu, ijinkan saya sharing artikel dibawah ini…

*) NB: Konten  ini berisi  3000’an kata yang menjelaskan sekitar  “kiat  cara usaha online secara praktis”, yang kemungkian  jika Anda menyimak  hingga tuntas, dapat bermanfaat serta  menambah penghasilan Anda.

First Thing First – Goresan Pembuka.

Untuk Anda yang masih akan  memulai, sebelum kita mengkaji  lebih lanjut, alangkah baiknya kita mencoba definiskan terlebih dulu apa itu usaha online.
Menurut saya, usaha apapun yang dilakukan  menggunakan data  internet dapat dikatakan USAHA ONLINE. Jadi arti USAHA  ONLINE itu sendiri memang dapat  sangat luas.

18447203_1032772486854790_7685814321287833686_n

Jika Anda  telah  punya bisnis yang dilakukan  secara offline, seperti buka  toko baju, toko kelontong, toko pakaian, atau apapun itu , kemudian Anda pasarkan  juga di internet, itu dapat menjadi usaha  online.
Ceritanya Begini: flashback – kita kami  mulai pada bulan April Tanggal 20 di tahun 2015

Saya masih ingat, sewaktu pertama kali melakukan  usaha  online segala sesuatunya kelihatan  bagaikan  absurd. Banyak sekali keraguan…
Kemudian, muncul lah tanda-tanya  di dalam hati  seperti:
•    Bisa tidak  ya usaha online itu dijalankan?
•    Layak  apa tidak  ya  buat kami  lakukan?
•    Tindakan  apa saja yang ingin  saya tempuh supaya dapat  jalan?
•    Berapa modal awal yang akan dibutuhkan?
•    … dan segudang teka-teki lainnya.

Meskipun belum  ada patokan yang benar,  tindakan  seperti apa yang seharusnya  dilakukan, menurut kami  secara singkat terdapat  5 (lima)  hal utama yang dapat  kita persiapkan.

Seperti apa itu?

Selanjutnya  langkah-langkah memulai usaha  online untuk  pemula:
1.    Bulatkan niat, Punyai mindset bisnis yang tepat.
2.    Tetapkan apa yang akan Anda Jual.
3.    Ciptakan lapak usaha online
4.    Publisitaskan lapak jualan usaha online Anda.
5.    Mencari Pembimbing atau Mentor yang tepat.

Pemaparannya  ialah  sebagai berikut, tetaplah mengikuti…

@1 – Punyai Mindset Bisnis yang Tepat

Pesan diatas  kemungkina  telah  sering Anda dengar.
Tapi perlu diingat, yang bakal  Anda lakukan ialah  membuat  BISNIS. Sehingga mempunyai mindset bidang usaha yang benar serta tabiat mental positif, adalah

SANGAT  PENTING.

Kita juga diharuskan  berpikir buat  membangun aset, dimana aset ini nantinya yang bakal  bekerja untuk kita.
Jangan sampai ketika Anda  telah  berhasil membangun bidang  usaha sampai bersusah payah, akan tetapi   akhirnya mengorbankan perihal lainnya hanya disebabkan kesibukan Anda dalam  mengurus bisnis.

18486040_1032772513521454_5241330807290800929_n

Anda jelasnya  juga ingin mempunyai  waktu bersama orang-orang tercinta, keluarga, atau mengerjakan  hal-hal yang bermanfaat lainnya bukan?
Apabila  Anda masih bekerja dibisnis Anda, maka Anda ialah  pekerja  dibisnis Anda sendiri. Akan tetapi andaikan yang Anda lakukan ialah  bagaimana membangun BISNIS Anda semakin bertumbuh, seperti dari 1 (satu)  menjadi 2 (dua), dari 2 (dua)  menjadi 10 (sepuluh), dan seterusnya dengan dihadapkan pada rintangan dan tantangan yang terus di carikan jalan keluarnya, maka Anda adalah PEBISNIS TANGGUH

18485653_1032772723521433_2242035448691367990_n

Tentu saja sama seperti model  bisnis lainnya, seketika Anda memutuskan dalam  membangun usaha online ada beberapa perihal yang layak  Anda perhatikan, seperti:
1.    Jumlah Modal.
2.    Barang  yang akan dijual.
3.    Segment Pasar yang akan ditarget.
4.    Strategi marketing.
5.    Siklus  bisnis dan trend bisnis.

Karena  itu, sebelum mendalami  hal-hal itu, permantab terlebih dulu mindset kita.
Faktor yang menentukan  keberhasilan suatu bisnis, sebagian besar  ditentukan oleh kualitas diri pribadi manusia. Hal ini bersifat  non-teknis. Dan sisanya ialah  bersifat  teknis.

Anda dapat  saja memiliki  keahlian membuat satu  web yang bagus, dengan beragam  fitur dan tampilan yang kekinian. Atau, dapat  saja Anda sangat ahli untuk  suatu bidang.
Namun jika Anda belum  mempunyai visi terhadap potensi serta  kemampuan Anda, tidak mempunyai passion  untuk banyak belajar dan tangguh bertahan, ya sama saja, usaha online  Anda akan jalan di tempat.
Berupaya agar  dapat  memberikan faedah  bagi mereka di sekitar Anda, dan juga untuk  kebaikan bersama. Dengan seperti itu, Anda akan mendapatkan pertimbangan  mengapa Anda mempunyai usaha online.
Goal utama kita didalam menjalankan usaha online  selain memperoleh penghasilan, agar  supaya dapat  melayani lebih banyak lagi orang sekitar kita  dan lebih bermanfaat untuk  sesama?

@2 – Kita Mulai Dengan Jualan
Langkah ke-dua, adalah tetapkan apa yang akan  Anda jual.
Sebelum benar-benar menjalani satu  siklus usaha online, Anda wajib  berlatih menjual produk atau jasa melalui media  internet terlebih dahulu.

Benar . JUALAN, JUALAN yuk…!!!

Amati, pikirkan  apa yang akan Anda tawarkan ke mereka  melalui  media online.
Metodenya, silahkan renungkan, ini penting…
Ini adalah beberapa kiat  cara menemukan barang  yang akan dijual:
1.    Temukanlah  apa yang dibutuhkan oleh banyak orang, carilah barang apa yang dibutuhkan oleh mereka di sekitar Anda.
2.    Anda   adalah   problem solver, Anda ialah  pemberi jalan keluar  dari persoalan  orang-orang.
3.    Tukar manfaat yang dapat  Anda berikan, menjadi satu buah  bentuk transaksi yang sama sama menguntungkan.

18485862_1032772556854783_1410649722860448404_n

Kebanyakan mereka  salah langkah di tahapan ini. Orang terlalu berfokus atas  produknya dulu, bukan atas kebutuhan mereka. Sehingga mereka  banyak yang berhenti  sebelum pecah telur atau mencapai penjualan pertama.
Anjuran  saya, lakukanlah penelitian sederhana  produk, dan sedapat  mungkin carilah barang-barang yang cepat laku serta  sirkulasinya  cepat. Artinya ada pasarnya serta   banyak dari mereka yang membutuhkan.
Bayangkan saja, kalau produk  yang membutuhkan sangat  sedikit atau pasarnya minim, biasanya Anda  akan gampang menyerah karena barang Anda  tidak kunjung laku.

*pengalaman pribadi….*

Maksudnya gini loh, rasanya dalam jualan dan bisnis Anda  akan lebih terasa tertantang serta menggairahkan seandainya  dikit-dikit Hand Phone  Anda  berbunyi atau INBOX whatsapp kita penuh dengan pesan yang menanyakan  produk / jasa kita.

Benar atau benar…?

Mengenai macam produknya, dapat berbentuk produk phisik, digital  ataupun jasa….
•    Contoh dari barang phisik, sabun herbal, jam tangan, obat herbal,  smartphone, motor, makanan, pernak-pernik aksesoris, mobil, rumah dan bangunan, serta apa saja yang dapat Anda jadikan peluang.
•    Contoh dari produk digital, bisa berupa pulsa, ebook, kursus online, produk-produk informasi, serta software.
•    Contoh jasa, dapat  dengan mengadakan  jasa pembuatan website, rental mobil, agen tour & travel, jasa online marketing, agen umroh & haji, jasa transaksi  tiket pesawat serta kereta api, sebagainya.
Tidak perlu terlalu detil, yang terpenting Anda memiliki reprentasi besar mengenai planning Anda dan memahami bentuk  pemasaran online.
Dari pengalaman kami, langkah awal  ini adalah yang terberat.

Mengapa….?

Disebakan kita harus mengatur  konsep usaha, mencari supplier,  mencari ide, dan bahkan mau tidak  mau di  harus menimba  ilmu usaha online.
Lazimnya kendala yang muncul di fase ini adalah, terkadang  kita mengharapkan  segala sesuatu sempurna.

18446546_1032772726854766_5281938746649071581_n

Selanjutnya  dapat  ditebak, akhirnya malah tidak pernah jalan-jalan.
Andaikan saya dapat  menyampaikan  masukan, untuk langkah  pemula  ini Anda tidak perlu  terlalu detail  dulu. Anda harus bersedia  untuk menginvestasikan tenaga, waktu, dan uang,

UNTUK  KATA BELAJAR.

Mulailah dengan memasarkan produk orang lain, dapat dengan metode  reseller, dropship, kemitraan dengan suplyer, atau menjadi  afiliasi produk satu  vendor (affiliate marketing).
Contohnya: jualan tiket kapal terbang  serta  kereta api, jualan pulsa, agen travel, jual baju atau produk fashion agen perumahan dan  properti, dengan model  konsinyasi, jual ebook orang lain, aplikasi software suatu vendor, dan lain lain banyak banget.
Sehingga untuk  fase  permulaan  ini Anda kagak  dibebani dengan anggaran  produksi yang besar serta kerugian pun dapat diminimalkan.
Studi Kasus – Usaha Online Jualan Pulsa
Apabila  Anda telah  membaca sampai di sini, namun masih bimbang  juga dan belum mendapatkan  barang untuk dijual, dapat mencoba  dengan berjualan pulsa.
Bidang usaha  jualan pulsa ini spesifik, lantaran merupakan afiliasi antara usaha  online dan usaha offline.
Bagi yang baru merintis, tidak bakal  kaget dalam  menjalankannya. Sehingga dapat dijadikan batu loncatan dan media pembelajaran untuk usaha online lainnya yang kian menantang.
Beberapa kelebihan  memulai usaha online dengan cara jualan pulsa, pasarnya jelas yaitu  mereka  yang punya HP, dan  lagi pula pulsa telah menjadi kebutuhan primer  masa kini. Produknya dapat  dipakai sendiri, mengisi pulsa untuk  anggota keluarga, teman, dan mereka  yang sedang membutuhkan pulsa.
Sistem  jualannya pun cukup mudah, dapat  melalui  offline dan online. Malahan, untuk  Anda yang telah  bergabung, juga dapat  menjalankan cara  usaha online  afiliasi (marketing affiliate) seperti yang telah  saya singgung sebelumnya.

@3 – Ciptakan Lapak Usaha Online
Level  ketiga adalah menciptakan  lapak usaha online.
Nantinya lapak usaha online  ini akan digunakan sebagai wadah  jualan online dan dapat dijadikan media   publitasi di internet.
Kalau kita kembali  ke langkah sebelumnya, Anda kan harus menetapkan  barang atau  jasa apa yang akan  kita jual. Gampangnya, apa yang akan  kita tawarkan ke orang-orang.

18527562_1032772763521429_40241584909787511_n
Seandainya, apabila telah ketemu, berikutnya kita patut mempromosikan dan menjualnya agar orang lain tahu. Serta  kita butuh wadah.
Karena Anda hendak menggunakan media internet atau berbisnis via internet, maka secara teknis metode  cara usaha online nya adalah:
1.    Pada saat baru memulai, cobalah jualan melalui pasar online seperti bukalapak, tokopedia,dan  shope id (situs marketplace), situs medsos, dan aplikasi social chating terlebih dahulu.
2.    Ketika Anda akan lebih serius, Anda dapat  mulai membangun website sendiri, pertama kali secara free seperti di yukbisnis.com setelah terbiasa tingkatkan ke premium seperti contoh lapaklarismanis.com.
Dalam  penjelasan yang pertama, contoh untuk  jualan lewat media anatara lain:
•    Pasar online atau marketplace – Lazada, Bukalapak,Elevenia, OLX dan lain lain
•    Situs medsos – Facebook, Instagram, dan Twitter
•    Aplikasi social chating – LINE, WhatsApp, Path, Telegram, dan lain lain.
Apa sebabnya  saya menganjurkan langkah tersebut?
Karena untuk membangun  akun di aplikasi tersebut bisa secara gratis, dan dapat  langsung kita manfaatkan dalam  promosi serta  jualan tanpa harus menciptakan  sistem website, fitur, displaynya, dan lain sebagainya.
Seleksi situr apa yang  Anda senang dan kuasai, syukur-syukur dapat  pakai semuanya, khusus untuk aplikasi social chating, sebetulnya lebih cocok digunkan  untuk media komunikasi dengan pelanggan maupun calon prospek. Seperti tanya-jawab  detail produk, maupun transaksi, serta verifikasi pembayaran.
Selain itu untuk melakukan promosi pun bisa, seperti broadcast posting artikel secara massal. Akan tetapi tidak boleh terlalu sering mempromosikan produk jualan kita,  imbangi dengan konten artikel yang bermanfaat pada banyak orang,  usahakan konten tersebut mempunyai hubungan  dengan produk kita, dapat juga untuk memberi informasi  barang baru ke calon pelanggan. Seandainya terlalu sering, malah calon pelanggan jadi kurang respek ke kita.
Untuk pembahasan  langkah kedua, yaitu  dengan menciptakan  website sendiri, tujuan  dari website ini akan Anda  munculkan sebagai lapak usaha online atau workshop BRANDED  Anda di dunia maya.
Kelebihannya, kalau Anda  telah  mempunyai  website sendiri, ke depannya dapat  Anda  jadikan sebagai SENTRAL  media  rujukan atau back link ketika Anda ingin  menebar  promosi usaha  online melalui forum, marketplace, social media, ataupun situs group jualan lainnya.
Gunanya kalau Anda  posting  status, akan menjadi lebih keren serta lebih dipercaya seandainya  di bagian bawah status itu  Anda  menaruh  link menuju website  kita.

Cocok mi……??

Situs social media, marketplace, dan forum group  online, dapat  diibaratkan sebuah  Mall / Pasar di dunia usaha online. Sedangkan website Anda, dapat  diibaratkan Toko / Kantor  Anda di dunia usaha online.
Kadang ini juga dapat dijadikan tolak ukur apakah seseorang itu sungguh-sungguh dalam menjalani usaha online atau tidak . Dengan mempunyai  website, biasanya mereka  akan menjadi lebih percaya  ketika ingin  bertransaksi dengan Anda.
Dalam proses penciptaan  website, Anda bakal  lebih banyak berkecimpung  dengan perihal  yang sifatnya teknis, seperti berlatih  menginstal aplikasi website, dan kemungkinan  sedikit belajar sandi laras  pemrograman website.
Jangan khawatir, tidak langsung buru-buru berkata “SAYA GAPTEK”, “TIDAK  ngerti IT”, “saya bukan ORANG kuliahan”, dan perkataan  sejenis lainnya.
Karena website yang akan Anda buat ialah jenis website yang sensible dan mudah, tidak  pakai ribet. Istilah kekiniannya, tinggal “PLUG and PLAY”… download  lalu ready…

18486428_1032772793521426_6591422058412738392_n

Lagipula, disinilah tantangannya untuk menjalankan  usaha online.
Selanjutnya, kita akan memerlukan nama domain serta housting  dalam  membuat website.
Kemudian  apa itu istilah  domain? Dan apa itu istilah  hosting?
•    Domain ialah  nama website Anda, misal : www.lapaklarismanis.com.
•    Hosting ialah  wadah  dalam menyimpan  nama domain Anda serta  file-file pembentuk web.
Ibarat sebuah  toko, nama domain ialah  alamat toko Anda. Artinya  ketika Anda menetapkan dalam  menciptakan  nama domain, sesuaikan dengan nama atau topik website Anda, ataupun klasifikasi usaha online Anda.
Selanjutnya  dalam istilah  hosting, jika secara analogi sebuah  toko di atas adalah hamparan, hosting itu perumpamaan tanah. Semakin besar daya tampung hosting, maka tentu  semakin luas pula skala tanah toko Anda.
Jadi yang harus diperhatikan, domain dan hosting menggambarkan  satu kesatuan, dan tidak dapat dipisahkan dalam  membangun satu buah website.
Selanjutnya bagaimana cara menciptakan  website nya, terdapat 2 (dua) cara membuat  website yang free dan website berbayar.

Kayak  apa itu?

Akan saya kupas singkat disini.
1. Website Secara  Berbayar
Model   ini mengharuskan Anda  mempergunakan domain dan hosting sendiri. Pengetiaannya, kita harus melacak nama domain untuk adres website kita, dan setelah itu  menyewa hosting kemudian  digabungkan bersamaan  domain tersebut.
Kalau saya bisa jujur, model  ini adalah paling di rekomendasikan. Kelebihannya banyak, dan salah satunya ialah dengan mempunyai alamat domain sendiri, maka usaha online Anda  akan terasa jauh lebih profesional di rasakan  konsumen serta lebih dipercaya.
Nantinya Anda  dapat mempunyai  adres website semisal  contoh situs berikut ini:
•    www.yukonline.com
•    www.lapaklarismanis.com
Untuk langkah awal , Anda barangkali tidak memerlukan daya tamping  hosting yang terlampau besar.
Estimasi Anda bisa menyiapkan dana  175  ribu untuk sewa hosting per tahun, dan 120 ribu untuk membayar  nama domain per tahun (kisaran 350 – 350 ribu) .
Sekalai lagi perlu diingat, nama domain dan hosting hanya berlaku dalam  setahun, jadi ditahun depan kalau  Anda masih ingin memakai, Anda diwajibkan melakukan perpanjangan.
2. Website Secara  Gratisan
Mungkin untuk  kita yang baru memulai usaha online, akan berkata…
Wow…., memakai domain dan hosting sendiri menggunakan biaya, dan saya sepertinya masih rag-ragu untuk menggunakannya…

Tenang…… tenang

Kabar baiknya Anda masih dapat membangun  website secara gratis
Sepengetahuan saya, terdapat  beberapa penyedia blog secara  gratisan yang telah  cukup terkenal, diantaranya ada Yukbisnis, Blogspot, Posterous,WordPress, Typepad, Tumblr, dan banyak lagi.

usaha online
buat blog

Namun jika saya dapat  menyarankan, pakailah Yukbisni, Blogspot atau WordPress. Karena ketiga penyedia blog itu  telah  banyak dikenal oleh para pemakai internet di Indonesia, dan juga lebih gampang dikenal sama mesin pencari semacam  Google, Bing dan Yahoo
Contoh adres website yang mempergunakan  fasilitas website gratisan, contoh struktur penamaannya kira-kira seperti ini:
•    WordPress = https://yukonlinecom.wordpress.com
•    Blogspot = http://bisnissaya.blogspot.com
•    Yukbisnis = http://sodscargo.yukbisnis.com
Anda dapat  lihat, terdapat  embel-embel nama penyedia layanan website gratisan tersebut.
Sekalipun  menggunakan website gratisan terkadang dianggap kurang cukup profesional, tetapi metode  ini masih lumayan untuk langkah awal.
Setelah itu  ketika usaha online  Anda sudah mulai bergerak, dan mulai ada pendapatan, Anda dapat mempertimbangkan untuk upgrade mempergunakan domain serta  hosting berbayar.
Tips Menciptakan  Website (Mudah dan Bagus)
Ini adalah contoh website yang sudah terbukti mendatangkan penjualan berkali-kali. Silahkan lihat postingan ini:
•    Website usaha online sederhana ini menggunakan Yukbisnis
Mungkin beberapa dari Anda terasa masih kesukaran  untuk menciptakan  website, ataupun belum cukup waktu untuk belajar menciptakan website sendiri.
Jalan kleuarnya, Andaikan  Anda masih bertekad  menciptakan  website usaha online  yang profesional dan menggunakan  nama domain sendiri, Anda bisa meng-outsource-kan kepada penyedia jasa untuk membuat website yang banyak ditawarkan di internet. Atau dapat  saja dibuatkan teman yang telah  biasa membuat web.

Gimana……, kita….. lanjut? Simak tahap  keempat berikut ini…

@4 – Promosi Secara Online
Setelah website sudah jadi, Anda dapat  mengisinya dengan fitur  produk / jasa yang Anda punyai. Isilah website Anda dengan konten yang berkualitas dan meyakinkan.
Jangan asal COPAS atau copy paste.
Pergunakan  kata-kata yang benar-benar bijak  untuk Anda tampakan di website, karena itu  akan sebagai  sarana promosi dan usaha online Anda.
Untuk bahan konten web-nya, tampilkan yang sederhana-sederhana saja dulu, dan sedapat mungkin memuat   penjelasan  sebagai berikut:
•    Profil Usaha Online.
•    Photo gambar barang / jasa beserta diskripsinya.
•    Alamat Usaha Online lengkap.
•    Cara pemesanan dan pembayarannya.

Affialate Marketing
Affialate Marketing

Lakukan Promosikan…
Selanjutnya, andaikan  konten website talah terbentuk, apalagi kalau tidak  mengiklankan website usaha online Anda. Tujuannya ialah untuk memperoleh  kunjungan atau  trafik ke website Anda.
Anda dapat  mengunakan wadah  lain yang Anda mengerti.
Setahu saya, itu  adalah system  tercepat dalam  menyebarluaskan informasi usaha online  Anda. Bahkan  apabila Anda memiliki  jumlah teman / follower yang telah  cukup banyak, ini  akan amat  membantu.
Setelah itu, Anda juga dapat  mulai menaruh  barang  maupun jasa Anda di link-link  direktori usaha online, link  forum kayak  Kaskus, dan link-link marketplace seperti OLX, Bukalapak, Lazada, dan lain-lain
Selain dari itu, untuk level  promosi yang lebih “profesional”, yakni mengunakan mesin pencari seperti Bing, Google, Yahoo dengan teknik SEO.
Ini benar lebih teknis, karena Anda  harus mengetahui cara optimasi situs agar  dapat  memangku halaman pertama didalam suatu mesin pencari, melalui  kata kunci tertentu. Akan tetapi  justru dengan menyelami pola SEO itu, mindset usaha online kita akan bertambah tajam.
Seperti yang telah singgung di “Tahap Ketiga – Menciptakan Website”. Web yang kita buat tadi akan kita jadikan sebagai pusat rujukan dari promosi online yang kita lakukan.
Maksudnya, setelah mereka  mendapatkan penjelasan  tentang produk atau  jasa Anda dari link sosmed , direktori bisnis, group forum, marketplace, ataupun  Google serta  mesin pencari lainnya, sudah barang tentu  mereka akan penasaran mengenai  produk / jasa yang Anda jual . Selanjutnya  pada akhirnya mereka tertarik mengunjungi website  Anda dalam  mendapatkan info lebih detail  akan  siapa Anda dan apapun mengenai produk Anda.
Momentumnya Sudah DATANG!
Jangan sampai Anda  kehilangan peluang, yang deisebabkan  Anda  tidak memiliki “kantor online” karena  kurang percayanya calon pelanggan  terhadap keberadaan usaha  online kita.

APA ITU…?

Ya, website yang barusan  Anda ciptakan…
Jadi gunakan  momentum ini dalam  memberikan respon secara  meyakinkan dengan mengundang pemirsa ke Website Anda.
Kemudian, ciptakan selalu  interaksi  dengan para pengunjung, bagikan informasi yang mereka butuhkan.
Mungkin mereka belum  langsung beli barang  Anda, akan tetapi ketika mereka memperoleh keterangan   yang dibutuhkan, maka tingkat  kepercayaan orang-orang itu  akan tumbuh, sehingga peluang  mereka membeli barang  kepada Anda akan menjadi  semakin besar.
Tujuan  utama dari pemanfaatan website Anda, ialah  terjadinya komunikasi  pertama dengan calon pembeli.
Seterusnya, itu terserah dari Anda. Mau prospek selanjutnya pakai by email kah,by Chat,  by phone, atau kunjungan langsung COD, semua tergantung kesukaan Anda.
Kesimpulan: CTPM adalah kuncinya
•    C = Content
Buat konten yang berkualitas, informatif dan sesuai target pasar.
•    T = Traffic
Datangkan trafik melewati search engine / sosmed / chating.
•    P = Pre-selling
Ciptakan  hubungan dengan para pengunjung / audiense.
•    M = Monetize
Tawarkan jalan keluar  yang diingikan  oleh calon konsumen.

 

@5 – Cari Pembimbing / Mentor Bisnis

Bagi Anda yang ingin belajar   usaha online dengan lebih mendalam, saya anjurkan  untuk mencari pembimbing atau mentor. Dialah yang dapat  membimbing Anda dalam awal-awal membangun usaha online itu.
Anda dapat  belajar dari pengetahuan  suksesnya, serta maju mundurnya  dari proses yang dia  alami.
Lewat  adanya mentor, Anda dapat  mempercepat prosedur  trial and error yang kita  butuhkan semasa berproses menuju puncak.
Seumpamanya, itulah representasi  besar 4 (empat) tahap  bagaimana memulai usaha  online untuk  pemula. Semoga dapat Anda ambil intisarinya.

usaha online
Content Marketing
take ACTION …..
eksplor potensi DIRI Anda.
Yakinlah, Anda AKAN  bisa!
At Last But Not Least

Sampai juga  di  akhir artikel ini.

Apa yang saya jabarkan  ini masih jauh dari kata sempurna. Sebaiknya  Anda lengkapi juga dengan refrensi bacaan lain, atau sumber  dari praktisi yang berdasarkan Anda mereka telah  sukses di bidang ini.
Jika dirasakan  artikel  cara usaha  online ini bermanfaat, bisa  bagikan kepada teman, sobat, saudara, apalagi  pasangan Anda, serta  terutama untuk orang-orang yang lagi  membutuhkan tambahan pendapatan  supaya dapat  segera take action untuk tranformasi  kehidupan yang lmakin baik lagi.
Terima kasih, semoga kebahagian senantiasa menyertai KITA  sekalian.
Salam sukses SLALU! SEMANGAT!

Demikian Sharing ini semoga dapat bermanfaat bagi kita.
Anda boleh share jika artikel ini bermanfaat !
Untuk produk keren lainnya yang berhubungan dengan usaha online
Dapat langsung klik lapaklarismanis.com (Harga Menarik)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s