Menciptakan Konten Usaha Online yang Tersohor dengan Memanfaatlan 3 (Tiga) Elemen lanjutan Pencetus Ketenaran

Menciptakan  Konten Usaha Online yang Tersohor  dengan Memanfaatlan 3 (Tiga) Elemen lanjutan  Pencetus Ketenaran

Pada artikel sebelumnya mengenai “Membuat Konten Usaha Online yang Terkenal dengan Menggunakan 3 Elemen awal Pencetus Ketenaran”, bagi yang belum membaca artikel tersebut bisa klik pembahasan tersebut disini.

Bagi yang sudah kita lanjut……

 

  1. Menggelorakan perasaan
Usaha Online
Mengeloraakan Perasaan

Dalam membangun usaha online (contoh usaha online lapaklarismanis.com klik), kita selaku manusia akan mendistribusikan konten yang kandungannya  mengobarkan jiwa atau emosi.

Ini disebabkan membuktikan bahwa kita peduli terhadap kandungan konten itu.

Mari  kita amati Wikipedia.

Wikipedia mempunyai  konten yang kandungannya sangat informatif. Akan tapi apakah makalah di Wikipedia sempat  jadi meteri  pembicaraan banyak orang?

Jawabannya belum  pernah.

Itu disebabkan  konten di Wikipedia cuma  berupa penjelasan  yang bukan membakar perasaan pembacanya.

Usaha Online
Populaar Emotions

Tulisan  di atas menggambarkan analisa dari BuzzSumo terpaut konten dengan perasaan  apa yang amat  sering populer.

Ternyata hasilnya mempunyai  4 (empat)  perasaan yang amat sering muncul:

  1. Terpukau/kagum (Awe)
  2. Banyolan/lucu  (Laughter)
  3. Terhibur (Amusement)
  4. Bahagia/senang  (Joy)

Untuk membangun usaha online hal yang cukup sulit adalah menciptakan  konten yang mendatangkan  banyolan  kalau anda tidak memiliki bakat melucu (sama seperti kebanyakan orang).

Akan tetapi  untungnya dari ke 4 (empat) perassan atau emosi persentase tertinggi ialah perasaan atau emosi kagum (awe).

(Konten yang membangkitkan emosi terpukau memiliki jumlah share lebih banyak)

 

Menciptakan  konten yang membangkitkan  perasaan terpukau atau  kagum lebih gampang kalau kita bandingkan dengan  menciptakan  konten yang lucu.

Caranya……

 Buat tulisan  yang amat lengkap/panjang

Sasaran  kita menghabiskan waktu dalam membaca ialah untuk memperoleh  ilmu. Lebih baik  lagi kalau didalam 1 (satu) artikel kita dapat memperoleh  banyak ilmu sekaligus.

Semakin konprehensip pembahasan  kita dalam sebuah  tulisan, semakin terpukau  juga orang-orang tersebut.

Itu telah  terbukti melalui  pengkajian yang telah dilakukan oleh BuzzSumo.

Usaha Online
Averaage Shares by Content Length

Dari studi  yang mereka lakukan, tulisan  yang mempunyai  jumlah kata mulai dari 3000 akan  di-share/bagikan paling banyak jadi untuk membangun usaha online dalam hal membuat artikel minimal wajib 750 kata agar konten itu lengkap dan menarik.

Semakin banyak  kandungannya, semakin banyak dibagikan

Inilah mengapa sebaiknya dalam membangun usaha online yang benar  anda senantiasa berusaha menciptakan konten yang berkualitas dan panjang. Semakin panjang pemirsa  membaca, semakin “terpikat” mereka dengan kontennya.

Stori individu  atau orang lain

Emosi  si pembaca akan muncul  seandainya  konten yang dibaca juga berisikan  perasaan penulisnya.

Konten yang merupakan  kisah sukses menyatukan lebih dari sebuah  perasaan, yakni perasaan terpukau  serta bahagia.

Hasil studi  terhadap satu tema

Kalau anda melihat 2 (dua) diagram di atas, keduanya menggambarkan hasil studi  dari BuzzSumo terhadap 1(satu)  juta tulisan  yang terkenal.

Tiada  ada orang yang tak  merasa terpukau melihat cara  mereka menganalisa sekian banyaknya tulisan.

Studi  tidak dapat  dilakukan oleh orang kebanyakan  disebabkan membutuhkan cara yang lebih tinggi ketimbang konten pada umumnya. Akan tetapi dengan usaha ini dapat  menciptakan  artikel anda menjelma  sangat berharga.

 

  1. Mengarang

screenshot-2017-01-16-16-09-30

Ketimbang hanya berbentuk rangkaian keterangan, konten yang berisi  karangan  akan membentuk pembaca peduli dengan demikian maka konten itu sedikit banyaknya mempengaaruhi webiste usaha online kita.

Care = share.

Mengarang  di sini tidak  berarti membikin dongeng atau cerpen.

Anda dapat  menambahkan unsur   karangan  ke dalam tulisan  apapun. Baik itu tutorial maupun informasional.

Kiat termudah yakni  dengan membuat konten   dari perspektif orang pertama. Seolah-olah anda cukup  menyampaikan presentasi di hadapan orang banyak.

Dengan membagikan kata  “saya” serta  “anda”, konten tersebut  akan jadi makin  personal serta pembaca akan jadi makin  peduli karena konten itu ada hubungannnya dengaan usaha online kita maka pembaca akan peduli juga dengan produk yang ada di usaha online kita.

Berikut ini kurang lebih bentuk tulisan berupa karangan/cerita.

Studi kasus

Daripada menciptakan  konten mengenai  “bagaimana dapat menurunkan berat badan dalam jangka waktu  seminggu”, seumpamanya  ubah perspektifnya  menjadi “bagaimana saya  dapat menurunkan berat badan menjadi 5kg dalam jangka waktu seminggu”.

Ini adalah studi kasus yang merupakan bentuk tulisan yang amat populer.

Latar belakangnya  karena studi kasus telah dibuktikan oleh penulisnya sendiri.

Jadi apapun yang kita  catat pada  konten studi kasus, pembaca akan percaya, yakin  dan peduli.

Iterviu dari ahlinya

Seandainya  anda belum ada  cerita sendiri buat dibagikan, manfaatkan cerita/karangan berawal dari orang lain yang telah  berpengalaman.

Saat  baru tutup usia, buku mengenai  Steve Jobs menjadi sangat  populer. Sementara itu  penulisnya kan tidak  hanya Steve sendiri.

Ini membuktikan  bagaimana cerita/karangan  melalui orang lain juga dapat  menciptakan  konten anda populer.

Memanfaatkan referensi yang terpercaya

Perhatikan sejumlah  konten dalam artikel ini, termasuk tulisan  ini, kita  memakai  referensi dari website-website  yang terpercaya termasuk situs usaha online.

Kita  ini bukan apa-apa. Seandainya  kita nulis  ini-itu tanpa terlihat bukti yang jelas, akan ada saja  orang yang beranggapan  konten kita hanya isapan jempol.

Sebab itulah kita kerap  menggunakan referensi.

Serta benar-benar terbukti, semakin berlimpah referensi yang kita gunakan semakin terkenal juga kontennya.

Referensi mendatangkan orang benar benar percaya dengan kandungan  konten kita.

  1. Bisa  dipraktekkan

201432125141986945_8

Seandainya anda mengunjungi  situs-situs perguruan tinggi  di Indonesia, mereka memiliki  digilib (perpustakaan digital/e-book) yang kandungannya  jurnal-jurnal hasil eksplorasi dari mahasiswanya.

Terdapat  ribuan jurnal yang ada setiap 6 (enam) bulan serta semuanya berisikan  informasi yang amaat berharga.

Akan tetapi pertanyaan mengapa  jurnal mahasiswa belum  pernah ada yang   populer?

Jawababnya, sebab  tidak dapat  dipraktekkan.

Eksplorasi  mereka belum  dapat  langsung kita terapkan. Sehingga seolah-olah  pengetahuan  yang berharga tersebut  belum  ada keuntungannya  untuk  orang awam.

Sebaliknya tulisan  berisi “usaha online” dapat  terkenal, karena langsung dapat kita pakai sebagai acuan.

Jadi seandainya anda menciptakan  tulisan, buatlah tulisan  yang dapat dipraktekan.

Caranya seperti ini

Pilih tema  umum maupun khusus (usaha online) yang langsung dapat dipraktekan

Tidak semua tema  langsung dapat  diterpkan oleh pembaca.

Contohnya  “cara memperoleh  uang 1 milyar melalui usaha online”. Besaran  ini amat luas, anda tidak akan dapat menciptakan  tahap  demi tahapannya dalam sebuah  konten.

Sehingga wujud dari  konten/tulisan  itu  hanya menjadi sebuah informasi.

Tidak perlu risau  ada metodenya  mengubah tema informasi menjadi  siap dipraktekkan.

Salah satu tulisan  di situs  ini kita  fokuskan kandungannya  hanya yang dapat  langsung dipakai atau dipraktekan   saat ini juga.

Hasilnya?

Tulisan  yang  langsung dapat dipraktekan seperti artikel usaha online akan menjadi salah satu yang amat  populer  biarpun masih terhitung baru.

Berikan tahap-tahapnya  secara terinci

Kunci dari tulisan  yang siap dipraktekan  terletak pada tahap-tahapannya.

Semakin jelas anda menjabarkan setiap tahap, maka semakin baik. Usahakan  tidak ada langkah yang dilewatkan  sedikitpun detailnya.

Seringkali dalam menciptakan konten  tahap-tahap tersebut  ialah  satu  bagian yang otomatis orang sudah ketahui,  jadi kita beranggapan tidak usah  disertakan detailnya.

Anda  berpikir seperti itu  disebabkan karena kita sendiri yang  telah menguasai temanya. Sedangkan pada kenyataannya banyak orang yang membaca konten kita  bisa jadi belum  mengerti akan kandungan isi konten tersebut.

Pergunakan  gambar dalam setiap langkahnya.

kita jangan  anti menambahkan  gambar, rajinlah  memasukkan gambar dalam isi konten terutama dalam tulisan usaha online.

Sebagian besar pembaca tulisan anda,  akan mengalami kesulitan  bila  konten anda Cuma  mengandung tulisan saja. Lebih-lebih lagi  untuk  konten yang berisi mengenai langkah-langkah dalam usaha online.

Tatkala pembaca kebingungan serta bertanya-tanya akan isi konten kita, mereka segera  meninggalkan konten anda.

Variabel penghambat popularitas konten artikel

Sampai di sini kita  telah  mengetahui 6 (enam) elemen yang layak  anda ikutkan  untuk membuat konten yang dapat menjadi  terkenal baik umum maupun yaang berisikan mengenai usaha online.

Akan tetapi  itu saja tidak cukup.

Ada aspek-aspek  yang menyebabkan tulisan anda belum  akan populer sekalipun  telah memasukkan  keenam elemen itu.

Isinya bisanyaa, payah, dan  membosankan

Kendala utama kita ialah  menciptakan tulisan yang kandungannya biasa-biasa saja.

Tapi amat disayangkan  mereka yang  membuat konten tidak mengerti  kalau tulisannya tidak istemewa. Lumrah  memang, karena bagaikan manusia kita teranjur sangat percaya diri  dengan bikinan kita sendiri.

Apa itu ciri-ciri yang di kategorikan….

“biasa”?

Perbandingkan  dengan tulisan  lain yang mempunyai  topik yang sama. Seandainya kandungan kontennya  tidak JAUH lebih baik dari mereka, berarti anda gagal.

Coba saat ini  anda search di Google dengan key word atau kata kunci “cara usaha online”.

90% konten  di halaman ke-satu sampai ke-tiga  nilai-nilainya sama serta terlalu biasa.

Anda layak menciptakan satu hal  yang baru mengenai konten usaha online, satu hal  yang belum diketahui banyak orang, sesuatu yang dapat  membuat banyak orang terkesima (point  no. 1 dan 4)

Apabila tidak terkesima, artinya kita gagal.

Tidak ada promosi

Terdapat 3 (tiga)  esensi dari content marketing:

  • Perencanaan konten
  • Pembuatan konten
  • Promosi konten

Tanpa ada yang pertama serta kedua kita belum akan dapat menciptakan konten usaha online yang berkualitas.

Akan tetapi  tanpa adanya  promosi, seberapa pun berkualitasnya  konten usaha online  anda belum  akan dapat terkenal.

Ingat usaha online   anda  ini bukanlah siapa-siapa.

Untuk itu  tidak ada orang-orang  yang akan membaca tulisan  anda  terkecuali usaha online kita telah kepunyaan  artis atau orang ternama.

Dengan melakukan  promosi konten usaha online artinya  anda sudah  membangun nama baik diri sendiri sambil memasarkan  apa yang telah  kita buat (usaha online).

Mereka banyak yang bilang hal terpenting ialah  penciptaan  kontennya, sedangkan  para content marketer sebetulnya  lebih banyak menyelesaikan  waktunya untuk memasarkan konten dengan cara mempromosikannya.

Oleh sebab  itu, kita  harus mengetahui bagaimana cara memasarkan isi content yang tepat khususnya dalam menunjang usaha online anda. (Hal ini akan kita bahas pada kesempatan lainnya).

Demikian sharing artikel “Menciptakan  Konten Usaha Online yang Tersohor  dengan Memanfaatlan 3 (Tiga) Elemen lanjutan  Pencetus Ketenaran”, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua

Anda boleh share jika artikel ini bermanfaat !

Untuk artikel keren lainnya yang berhubungan dengan usaha online

Dapat langsung klik yukbisnisonline (GRATIS)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s