Strategi Content Marketing Untuk Usaha Online

Lanjutan Tiga Tahap 4–6 Strategi Content Marketing Untuk Usaha Online

Usaha Online
8 alur Content Marketing

Pada pembahasan artikel sebelum mengenai 1–3 konten marketing yang diyakini pasti meningkatkan usaha online anda (contoh usaha online lapak laris manis, klik), maka kita akan melengkapi tiga strategi content marketing tersebut dengan tambahan 3 (tiga strategi lagi), bagi yang belum yang menyimak artikel sebelumnya silakan klik disini.

4. Memahami strategi penciptaan konten

Congratulations! Anda telah melewati metode perencanaan konten.

Sekarang saatnya memulai.

Dalam fase perencanaan di atas, kita telah mengumpulkan banyak konsep konten berdasarkan versinya.

Permasalahnnya, konten mana yang anda dahulukan?

Penciptaan konten itu tidak mudah, apalagi kalau potensi (dana serta SDM) anda ala kadarnya.

Karena dari itulah ini yang perlu diperhatikan.

Gambar segita ini :

Usaha Online
Tiga Turunan Content Marketing

Dilihat dari metode pembuatannya, konten pengenalan memiliki tingkat kesukaran paling rendah dibandingkan dengan konten penjualan yang mempunyai tingkat kesukaran tertinggi.

Karena dari itu besarannya menyesuaikan tingkat kesulitan.

Selain dari itu untuk usaha online, kaya yang telah dijelaskan tadi, konten pengenalan serta branding sebaiknya lebih banyak ketimbang penjualan.

Ini disebabkan sesuai akan asas content marketing dimana anda layak lebih banyak melaksanakan edukasi dan menyelesaikan persoalan kalau dibandingkan dengan menjual.

Ini perlu kita perhatikan:

Content branding serta penjualan bakal berdampak langsung ke penjualan. Kualitasnya LAYAK TINGGI apalagi yang dipakai dalam usaha online.

Sedangkan konten pengenalan layak dibuat agar bisa jadi populer.

Satu soal lagi…

…kita dan anda ingin agar beberapa orang yang singgah ke konten penjualan pada akhirnya berkeinginan membeli barang pada usaha online kita (apakah langsung ataupun tidak).

Maka, dari konten pengenalan di alirkan link seperti ini:

konten-pengenalan

Pada konten pengenalan anda ditemukan link mengarah ke konten branding. Maksudnya supaya orang-orang mengetahui bahwa anda memiliki sesuatu untuk mereka.

Apabila tidak, maka sebagian besar bakal langsung angkat kaki tanpa sadar bahwa kita menjual sesuatu.

Mengenal model-model konten

Semenjak dini artikel ini saya bahas mengenai konten, akan tetapi mungkin beberapa dari kita masih berpendapat konten sama dengan artikel.

Sedangkan artikel itu salah satu model konten, dan konten tidak cuma artikel.

Ini model-model konten dalam usaha online:

1. eBook

2. Video

3. Webinar

4. Post di social media

5. Slide presentasi

6. Artikel blog

7. Infografis

8. Action list/lembar kerja

9. Tool (biasanya berupa program/app)

10. Template

11. Studi kasus/analisa

Pada umumnya, konten pengenalan dalam usaha online itu adalah artikel, video, serta social media.

Model konten seperti studi kasus, eBook, infografis, serta yang lainnya sebenarnya lebih sulit diciptakan daripada artikel simple, akan tapi amat efektif jika anda manfaatkan sebagai konten branding.

Beberapa metode terkait penciptaan konten

Karena penciptaan konten memiliki bagiannya sendiri, akan jadi panjang kali lebar seandainya dibahas dalam sebuah artikel ini. Maka saya akan membahasnya pada kesempatan yang akan datang seperti :.

Artikel-artikel yang bermanfaat untuk membuat konten menarik serta teroptimasi misalnya.

1. Mencari topic konten gunanya untuk memperoleh konten yang banyak penggemarnya.

2. Panduan SEO untuk melaksanakan optimasi agar memperoleh peringkat yang cukup baik pada mesin pencari

3. Pembuatan judul konten menggambarkan salah satu elemen terpenting untuk konten

4. Metode KTP dalam menciptakan konten berkualitas

5. Elemen pemicu popularitas untuk membuat konten yang popular

Artikel diatas sangat membantu banyak dalam sukses tidaknya usaha online anda

5. Lakukan penyaluran konten

Banyak dari mereka terutama pelaku usaha online yang beranggap tahap 4 (empat) sudah selesai.

Seandainya kita sekarang di era tahun 2008 sih wajar, karena saat itu cuma ada segelintir konten pada internet.

Akan tetapi sekarang, ada 2 (dua) juta konten baru setiap hari yang dikeluarkan

Sepertinya mustahil konten anda dapat ditemukan kalau tidak anda yang aktif untuk menyalurkan konten itu.

Nah ini kita akan membahas tahapan menyalurkan konten dalam usaha online:

Pastikan anda te;ah memiliki konten yang berkualitas. Mendistribusikan konten yang belum berkualitas malah akan mempertaruhkan reputasi anda

Masuk ke alat bantu seperti google analystic

Sediakan system dalam “mendatangkan” pembaca, lakukan email list building

Paling akhir, inilah intinya: pelajari metode pendistribusian konten secara benar.

6. Takar dan analisa hasil pekerjaan

Masih ada lagi. Langkah penghabisan.

Dengan cara apa agar anda dapat mengetahui kinerja konten kita? Dengan langkah apa anda dapat memperbaiki kinerja yang kurang baik?

Dengan anda memepergunakan alat ukur dalam mendapatkan nilai-nilai yang berpengaruh.

Semua hal yang kita lakukan dalam pemsaran usaha online layak terukur. Begitu juga dalam content marketing.

Jadi kalau kita belum mempelajari alat ukur, segera pelajari dan praktekan.

Yang paling mudah dan free yaitu Google Analystics (Pada kesempatan lain saya akan membahasnya).

Apa yang kita mestinya takar?

Tergantung jenis kontennya. Karena setiap konten mempunyai tujuan yang berbeda-beda, hingga hasil yang kita mohonkan juga berbeda-beda.

Ukuran keberhasilan dalam konten pengenalan usaha online:

1. Besaran visitor

2. Besaran share ke social media

3. Besaran acklink

4. Barometer keberhasilan untuk konten branding:

5. Besaran subscriber

6. Tingkat tranformasi pelanggan

7. Banyaknya follower pada akun jejaring social media

Ukuran keberhasilan pada konten penjualan usaha online:

1. CTR menuju landing page/halaman penjualan

2. Penghasilan

3. Tingkat tranformasi penjualan

4. ROI, perbandingan antara biaya yang keluar dalam konten dengan pendapatan yang diperoleh dari konten tersebut.

Itulah beberapa contoh yang bisa anda ukur, serta hampir semuanya dapat diketahui menggunakan Google Analytics.

Tanpa mengetahui ini artinya anda buta dengan bisnis anda sendiri.

Silahkan hubungi email kami lapakklarismanis@gmail.com bila ada yang ingin ditanyakan, demikian sharing “Lanjutan Tiga Tahap 4–6 Strategi Content Marketing Untuk Usaha Online” semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Anda boleh share jika artikel ini bermanfaat !

Untuk artikel keren lainnya

Dapat langsung klik yukbisnisonline (GRATIS)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s