Gak Laku Jangan Jualan

Dalam Usaha Online Bagaimana Mendapatkan Penjualan Pertama (Tahap *3)

Dalam usaha online (contoh lapaklarismanis.com klik) membangun landasan website serta  social media itu cukup mudah tantangan sebetulnya  ialah memperoleh  pembeli pertama anda.

Tidak dapat menjual artinya  bisnis kita akan mengalami  kegagalan.

Terdapat beberapa faktor yang menentukan berhasil tidaknya penjualan kita. Misalnya strategi harga, faktor kualitas barang, pelayanan dan lain sebagainya.

Anggap saja kita  sudah cukup baik  untuk tiga  hal itu.

Akan tetapi itu belum tentu dapat  memperoleh pembeli…

Mengapa itu terjadi ?

Disebabkan 90% barang yang ada di usaha online sama dengan barang kita. Harga dari  barang A dan barang  B tidak terlalu  jauh berbeda, dari segi kualitas pun  sama-sama baik. Kalau seperti itu , ketiga hal diatas  tidak terlalu  relevan lagi … benar kan?

Walaupun kita menggunakan harga yang rendah, kualitas bagus, pelayanan cepat…itu saja belum cukup.

Jadi apa dong yang lebih penting…..

Jawabanya  bagaimana usaha online kita dapat  muncul di hadapan mereka, serta meyakinkan ke mereka untuk dapat membeli product anda.

usaha online
lapaklarismanis.com

Dalam memulai langkah ini kita akan membicarakan cara mendapatkan kontumer untuk  anda yang pertama mulai melakukan usaha online.

Satu soal lagi

Hindari hanya mengandalkan Search Engine Optimization (SEO)

Kalau kita mengandalkan SEO maka butuh jangka waktu berbulan-bulan untuk dapat mencapai halaman pertama di mesin pencarian google. Ditambah lagi seandainya anda hanya bergantung pada SEO, kemungkinan besar kita  tidak dapat  pernah berhasil.

Percaya hasil dari SEO nantinya  akan ada dengan sendirinya…

Maka dari itu , lakukan cara-cara  ini:

3a. Usaha Online kita harus daftar di market place atau pasar online

Meskipun dalam pembahasan sebelumnya saya membicarakan  bahwa kita  sebaiknya jangan memanfaatkan marketplace atau pasar online untuk jangka waktu yang  panjang, akan tetapi dalam kenyataannya  sangat efektif dalam mendapatkan pembeli untuk jangka pendek.

Terutama sekali ketika anda benar benar baru membangun usaha online dengan cara menjual produk.

Ini disebabkan pada  website-website itu  orang mengunjungi  market place tersebut karena memang untuk membeli.

 Terdapat dua kondisi dimana pasar online  jadi efektif:

  1. Barangnya  sudah lazim dicari (misalnya: spy kamera, kasur udara, mainan lucu, drone dan lain sebagainya)

  2. Anda belum mengetahui bagaiman tekhnik mendatangkan pengunjung

Karena kalau kita ingin membangun website itu  sendiri butuh waktu…

Tidak ada website yang baru kita buat langsung ramai dikenal oleh orang dalam jangka waktu singkat.

Oleh sebab itu dalam melakukan usaha online berjualan di marketplace atau pasar online bisa menjadi salah satu solusinya sambil mempromosikan usaha  bisnis dan website kita. Akan tetapi , perlu diingatkan  lagi…tidak boleh 100% mengandalkan pasar online atau   marketplace.

Ini beberapa contoh marketplace atau pasar online yang sudah tidak asing lagi.

  1. Lazada

  2. Tokopedia

  3. Bukalapak

  4. Elavania

  5. Shope id

  6. OLX

  7. FJB Kaskus

  8. Dan lain sebagainya

3b. Membuat konten yang berkualitas serta distribusikan

Sudah dapat dipastikan bahwa social media serta website  komunitas adalah  tempat terbaik dalam mendatangkan trafik pengunjung dengan segera pada usaha online kita.

Akan teapi masih banyak juga orang yang gagal…disebabkan  caranya  salah.

Ahhhh ini yang menjadi masalahnya

Mereka secara  langsung memposting  link mengarah homepage-nya atau laman penjualan usaha online tersebut ke situs komunitas.

Perlu diingat bahwa di internet terdapat  tiga  jenis orang:

  1. Melihat informasi

  2. Mencari hiburan

  3. Membeli produk atau jasa

Sementara  yang ada pada  situs komunitas hanya point  satu  dan dua.

Dalam artian kalau kita  menanam link yang isinya mengenai usaha online, hasilnya ada dua kemungkinan:

  1. .Ditendang keluar

  2. Dainggap sebagai spamer

Jadi sia sia kalau seandainya kita memaksakan menanam link di situ tersebut.

Akan tetapi  meskipun seperti itu  bukan berarti kita  tidak dapat  promosi pada  situs komunitas…bisa, dengan caranya  yang  dirubah.

Seperti ini:

  1. Kita harus menemukan  website komunitas yang sikron  dengan usaha online kita seperti contohnya pada group Facebook tentang usaha online.

  2. Mencari tahu permasalahan utama apa  dari orang-orang di komunitas itu.

  3. Membuat konten yang dapat menjadi solusi persoalannya.

  4. Distribusikan

Rata-rata sebagian besar orang yang browsing  di internet hendak mendapatkan informasi, maka cara seperti ini amat efektif dalam memperkenalkan mereka pada usaha online  anda dan bisa mendapatkan pembeli.

Selain itu, website kita  juga akan jadi gampang ditemukan melalui mesin pencari.

3c. Lakukan eksperimen pada Google adWords serta Facebook Ads

Dalam mejalankan usaha online Google AdWord dan Facebook Ads adalah dua  platform promosi digital terbesar pada saat ini. Selain kuantitasnya besar, kualitas yang berkunjung dari keduanya juga banyak disebabkan tepat sasaran.

Seandainya anda punya dana  pemasaran, gunakan keduanya atau salah satunya.

Konten panduan beriklannya sudah disediakan di website tersebut.

Kalau kita bandingkan  dengan teknik  pemasaran lain, dengan iklan dapat  mendatangkan berlimpah pengunjung sekaligus dalam jangka  waktu singkat.

Karena disebabkan  butuh biaya, maka kita harus bereksperimen dalam mendapatkan hasil yang baik memakai biaya  terendah.

Pertanyaan terbesarnya:

Memilih  Facebook atau AdWords dalam meramaikan usaha online anda?

Tidak ada satupun jawaban yang tepat. Karena tergantung apa yang di jual, dan kepada siapa kita menjualnya …selain itu juga selera masing masing.

 Yang bisa menjadikan pertimbangan:

  1. Seandainya kata kunci atau keyword yang kita  inginkan banyak dicari orang  melalui  Google, pakai Google AdWords. Seandainya  tidak, pakai Facebook

  2. Interest serta demografi di FB lebih detail.

  3. Dalam konversi penjualan, Google AdWords lebih menang (akan tetapi  biaya per klik jauh lebih mahal)

  4. Dalam konversi non-penjualan, FB lebih menang

usaha online
Google AsWords vs Facebook advertising

Mencobalah terlebih dahulu untuk mengiklankan usaha online kita, kita nantinya akan mengetahui mana yang sesuai dengan usaha online kita.

3d. Mendapatkan  endorsement dari selebgram

Meskipun secara langsung dalam menjalankan usaha online  saya belum pernah mencobanya, akan tapi banyak orang yang buktikan mendapatkan hasil yang bagus  setelah di-endorse sama seleb Instagram.

Metode kerjanya seperti ini:

  1. Carilah  akun Instagram yang followernya ramai dan akun tersebut  adalah  target pasar yang sudah tepat.

  2. Kirimkanlah  mereka produk kita  dengan gratis

  3. Setelah itu bermohonlah untuk merekomendasikan barang anda kepada followernya dengan memposting foto barang tersebut.

  4. Tidak memerlukan banyak biaya tambahan selain produk yang kita kirimkan. Ada tips yang lebih lanjut:

3e. Mendapat  endorsement dari blogger

Hampir sama kaya langkah 3d di atas, perbedaannya hanya  dari blogger.

Cara mencari bloggernya:

  1. Melalui Google: gunakan key words atau kata kunci + blogger – “topik”

  2. Cari Komunitas blogger: contoh Blogger Laki Laki penggemar sepak bola

  3. Grup blogger pada Facebook

Yang bisa mendapat perhatian  dalam memilih jenis blogger:

  1. Kualitas kontennya

  2. Desain websitenya

  3. Pengunjung atau Traffic-nya

  4. Komentar pembacanya

3f. Melakukan metode Ask Me Anything  (AMA) pada forum komunitas

Hampir sama saja seperti social media, forum online adalah merupakan wadah yang amat efektif dalam  mendapatkan pembeli.

Perlu diingat kita akan ditendang kalau hanya promosi usaha online saja.

Untuk bisa memperkenalkan usaha online, seminal mungkin anda  harus memberikan faedah ke anggota komunitas tersebut. Bisa dilakukan  dengan memciptakan thread/diskusi yang cukup menarik atau menjawab diskusi/thread dari orang lain.

Dalam melakukan  tanya jawab seperti itu masuklah ke pembicaraan yang ringan ringan saja

Misalnya kita  menjual kasur udara, ciptakan  AMA yang berhubungan dengan  kasur udara…pastinya akan ada banyak pertanyaan  misalnya apakah kasur udara ini dapat dibawa bawa, apakah kasur udara ini bisa dipakai berenang, apakah kasur udara ini bisa dijadikan sofa dan lain sebagainya.

usaha online
Salah Satu Produk Online Kasur Udara (Lazy AirBag)

Demikian sharing Dalam Usaha Online Bagaimana Mendapatkan Penjualan Pertama (Tahap *3) semoga dapat bermanfaat.

Anda boleh share jika artikel ini bermanfaat !

Untuk artikel keren lainnya

Dapat langsung klik yukbisnisonline (GRATIS)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s