Content Marketing, Kaget…. Costumer yang Akan Mencari Kita (Usaha Online)

Langkah Awal Bagi  Pemula Untuk Melaksanakan Pemasaran Konten dalam Usaha Online

Seperti yang saya janjikan beberapa waktu yang lalu bahwa kami akan membahas mengenai konten pemasaran untuk usaha online (Contohnya lapaklarismanis.com klik), agar jualan kita laris, artikel ini bisa juga dipakai di bisnis offline karena pada dasarnya sama hanya medianya saja yang berbeda.

Terdapat dua kesamaan dari kebanyakan pelaku usaha online ataupun ofline

  1. Ingin mendatangkan banyak pengunjung dan terjadi penjualan
  2. Menghindari pengeluaran anggaran banyak untuk melakukan pemasaran

Sepertinya pro dan kontra, ya?

Didalam dunia marketing konvesional, kita terbiasa mengenal berbagai cara yang banyak mengeluarkan biaya untuk promosi dengan advertising lah kita bisa memiliki kesempatan untuk dapat berkembang pesat.

Sedangkan kalau biaya anggaran minim, anda tidak bisa terlalu berharap banyak.

Itu sudah berlalu

Dewasa ini semenjak kita memasuki priode pemasaran digital, semua menjadi berbeda…..

caranya dengan menggunakan content marketing.

Content marketing.

Dalam pemasaran konvensional, untuk mendatangkan customer kita melakukan jangkaun ke keluar, apakah itu dengan cara menayangkan iklan sehingga banyak dilihat orang, melakukan kanfas dari pintu ke pintu, dan lain sebagainya. Hal tersebut tentunya mengeluarkan biaya yamg tidak sedikit.

Sebaliknya, dengan menggunakan cara content marketing, kostumerlah yang akan mencari kita.

Ini disebabkan karena anda mempunyai konten yang sangat bermanfaat untuk mereka, maka yang terjadi calon pembeli yakin akan mencari anda untuk tujuan mendapatkan jalan dari persoalannya. Selanjutnya sebagian dari mereka akan menjadi pembeli anda.

Itulah alasannya content marketing menjadi sangat efektif, apalagi pada usaha online.

Tapi nanti dulu…

…walaupun efektif, pada kenyataanya banyak pula yang melakukan kesalahan ketika melakukan content marketing. Sehingga ikhtiarnya tidak mendapatkan hasil yang anda inginkan.

Kenapa demikian…. disebabkan konten yang anda buat secara asal-asalan.

Konten Pemasaran bukan hanya sekedar menciptakan konten.

Karena itu, saya akan memberi inspirasi mengenai panduan ini bagaiman melakukan kontenr marketing yang efketif sehingga usaha online kita berhasil.

Marketing Kontent itu apa dan mengapa?

Mari kita mengevalusi satu tahap ke belakang dalam memahami arti dari Marketing Kontent, atau dengan kata lain menjadi content marketing.

Mari kita bahas artikel singkat mengenai pengertian content marketing:

Usaha Online
Content Marketing

Dalam artikel ini akan dibahas pengertian content marketing dan apa itu content marketing menjadi bagian dari usaha online terutama marketing digital – jauh lebih efektif dibandingkan pemasaran konvensional.

Content marketing ialah strategi marketing dimana kita merencanakan, membangun serta mendistribusikan konten yang bisa menarik pembaca yang tepat sasaran, selanjutnya manarik mereka menjadi pembeli.

Terdapat dua kesalahan dalam menjalankan content marketing dalam usaha online …

Serta untuk koreksi seperti ini…..

Pertama  Content marketing tidak hanya mengenai mempromosikan konten

Biasanya yang terjadi di tengah masyarakat  marketing atau pemasaran sering dihubungkan  pada promosi, orang awam selalu  menganggap marketing  konten artinya melakukan promosi konten.

Memang benar akan tetapi, content marketing bukan hanya tentang promosi.

Akan tetapi juga mencakup metode  perencanaan, analisa, dan produksinya…

…serta bukan  hanya itu saja.

Dalam pemasaran usaha online  kita mengenal sebutan marketing funnel / purchasing funnel. Yaitu langkah demi langkah yang dilalui oleh calon pembeli mulai dari tahapan pengenalan hingga menjadi  pembeli.

Mari kita gunakan ilustrasi ini dalam  mempermudah penjelasan.

Kita menganggap ada seseorang bernama Koko Sodik.

Ketika Koko Sodik  akan melakukan transaksi pembelian, tentunya Koko Sodik ini  tidak langsung sekonyong-konyong  membeli. Sebelum hal  itu terjadi, ada proses yang dia lalui…

Dibawah ini prosesnya

Usaha Online
Awareness, Evaluation, & Purchase

Ilustrasinya  seperti ini:

Koko Sodik  sadar bahwa dia mempunyai satu  persoalan. Karena hal tersebut Koko Sodik  memerlukan  informasi lebih mendalam mengenai persoalan  yang dia lalui, serta apa jalan keluar yang tepat.

Dari proses mengekplorasi informasi tadi, Koko Sodik  ternyata mendapatkan anda sebagai sosok terbaik untuk keluar dari  permasalahannya.

Setelah itu, barulah Koko Sodik  yakin untuk melakukan pembelian.

Dari cerita tersebut, kita kena  ke salah paham ke 2 (dua)…

*2 Dalam Usaha Online Konten marketing bukan saja konten yang selalu mengenai  marketing (atau penjualan)

Inilah kesalahan yang sering diperbuat oleh orang dalam usaha online yang merapkan tekhnik content marketing.

Seperti ini…

Ingat lagi yang pertama diperbuat oleh Koko Sodik.

Koko Sodik  mencari informasi mengenai  permasalahannya, serta jalan keluar  yang tepat.

Karena dari itu, isi konten dalam content marketing seharusnya sebagian besar mengandung informasi serta petunjuk yang memberikan jalan keluar  atas permasalahan tersebut.

Dari situlah, dia  akan mengenal kita.

Setelah dia  mengenal anda, baru selanjutnya  anda bisa menarik  Koko Sodik untuk melakukan Transaksi pembelian.

Bagaimana masuk diakal bukan?

Artinya, didalam content marketing anda bakal menyediakan konten untuk tiap-tiap tahap didalam marketing funnel.

Representasinya seperti ini:

  1. Awareness: Menyediakan  konten yang dapat menyelesaikan persoalan besar dari mereka  yang menjadi sasaran pasar anda, tanpa ada poin penjualan sama sekali. Tujuannya adalah untuk memikat perhatian calon kostumer  serta meningkatkan reputasi  usaha online anda di mata mereka.
  2. Evaluation: Berikan konten yang menyentuh  permasalahan yang lebih detail dan jelaskan bahwa usaha online (Produk/Jasa) anda adalah jalan keluar utamanya.
  3. Purchase: Dalam langkah ini barulah kita menciptakan  konten yang bisa mendatangkan penjualan.

Pada prateknya kita banyak melihat banyak content berisi jualan terus, padahalnya idealnya hanya sebagian kecil isi content tersebut yang berisi penjualan.

Perbandingan: ada sebuah usaha online yang belum  memiliki strategi content marketing. Mereka hanya menciptakan  konten yang isinya akan barang atau jasa  mereka sendiri…

…tidak konten yang dibutuhkan oleh Koko Sodik.

Hasilnya,

  • Koko Sodik tidak pernah menemukan usaha online anda
  • Koko Sodik tidak bakal tertarik untuk membeli dari usaha online  anda

Coba bayangkan anda ketemu  orang yang sama sekali  tidak dikenal, orang ini hanya  setiap hari menawarkan barang dan jasa yang mereka jual kepada kita. Dapat saya pastikan  anda akan merasa tidak nyaman.

Dapat disimpulkan content marketing dapat menyumbangkan 3 (tiga) hasil bagi usaha online anda:

  1. Memperoleh calon kustomer baru
  2. Membangun rasa percaya
  3. Meningkatkan penjualan

Oleh sebab itulah content marketing  dalam usaha online sebagai “pemenang” dalam pemasaran digital.

Kita lihat statistik dari Marketo ini:

Usaha Online
Content Marketing Marketo

Panduan Content Marketing

Pada prinsipnya, content marketing itu tidak sulit untuk dipahami. Akan tetapi apabila kita mengecek hasilnya, terdapat  perbedaan yang besar antara orang yang memahami dasar content marketing dengan orang yang tidak.

Nah uintuk memahami dasar content marketing serta kaidah  menciptakan konten yang berkualitas, seperti :

  1. Menciptakan Content Marketing
  2. Membuat Blog Yang Berkualitas
  3. Elemen Pemicu Popularitas Konten
  4. Metode KTP
  5. Konten Unggulan
  6. Teknik Penulisan Artikel
  7. Promosi dan Distribusi Konten

Saya akan memberikan pembahasannya pada kesempatan yang akan datang

Demikian sharing artikel Content Marketing, “Kaget….  Costumer yang Akan Mencari Kita (Usaha Online)” semoga dapat bermanfaat bagi kita.

Anda boleh share jika artikel ini bermanfaat !

Untuk artikel keren lainnya

Dapat langsung klik yukbisnisonline (GRATIS)

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s