Mau Punya Usaha Online ya Harus Jualan

Mau Punya Usaha Online   Ya Harus Jualan Tahap*4

Sukses untuk menjual bukan berarti sukses berbisnis. Berhasil  menjual kepada ratusan  orang bukan berarti kita  sudah dikatakan punya bisnis usaha online (Contoh lapaklarismanis.com).

Terdapat perbedaan besar.

Seandainya  anda cuma menjual, maka kemungkinan besar beberapa tahun atau beberapa bulan ke depan aliran transaksi anda akan berhenti.

Sedangkan tujuan  kita ialah membangun bisnis usaha online dengan jangka panjang.

Bahkan sampai kita  usia pensiun nanti.

Anda bisa lihat  perbedaanya  menjual dengan berbisnis ?

awareness

Gambar di atas dalam usaha online maupun offline sering  dikatakan  marketing funnel, atau siklus perjalanan seorang calon kostumer dari sama sekali tidak mengenal sampai mengambil keputusan untuk membeli.

Penjelasannya seperti berikut:

  1. Awareness: paham dengan keberadaan kita
  2. Interest: tertarik serta mau mempelajari lebih lanjut
  3. Consideration: memutuskan untuk mencoba
  4. Purchase: membeli produk yang ditawarkan
  5. Retention: tetap memakai layanan anda, setia dan loyal
  6. Advocacy: sangat puas dan merekomendasikan usaha online kita kepada orang lain

Kalau kita  hanya melakukan penjualan baik itu offline maupun usaha online, berarti prosesnya hanya sampai pada nomor 4 (empat) yaitu purchase.

Seorang penjual tidak lagi  memikirkan tahapan selanjutnya  yakni  retention dan advocacy yang menjadi hal yang utama dalam kelangsungan usaha online…kepuasan pelanggan.

Kalau kita hanya sampai dengan purchase maka berakibat ;

  • Penjualan tidak akan  berkembang
  • Lama-kelamaan usaha kita akan berhenti

Retention dan advocacy bukan semata mata  didapat  dari kualitas barang saja.

Karena kualitas dan harga  tersebut  sudah menjadi hal dasar…Kostumer  tidak akan melakukan pembelian kalau tidak memenuhi aspek keduanya. Jadi semua yang ada di pasaran pasti sudah bersaing menggunakan aspek tersebut.

Kesimpulannya  penentu kepuasan bukan hanya itu.

Karena  dari itu kita  harus menelaah marketing funnel itu  secara utuh  dari point 1 sampai point 6, bukan hanya befokus pada jualan, jualan, dan jualan.

4a. Lakukan content marketing

Content marketing adalah faktor utama dalam daur marketing funnel.

Contohnya seperti penjelasan sebelumnya, agar orang lain dapat mengenal kita  maka anda selayaknya menyediakan konten yang berguna bagi banyak orang.

…ini  tahapan  awareness.

Bagaimana dengan promosi  iklan? Bukannya promosi iklan lebih efektif mengundang banyak pengunjung?

Memang benar.

Akan tetapi  tidak semua usaha online bisa mengandalkan promosi  iklan dalam  mendapatkan penjualan. Jauh lebih efektif  kalau anda  membuat orang  tertarik dulu…sambil menciptakan rasa percaya akan usaha online kita.

Pengertiannya, pada saat kita promosi melalui media iklan kitapun butuh konten yang berkualitas.

Dalam membangun awareness, macam konten yang baik ialah yang mengedukasi serta  membagikan manfaat.

Bagaikan konten yang telah dibuat oleh  Traveloka:

Usaha Online
Usaha Online

 

Karena usaha online atau  startup mereka erat hubungannya  dengan pemesanan  tiket pesawat serta pemesanan kamar hotel, maka mereka membuat konten pedoman berwisata ke  Singapura melalui blognya.

Bila orang yang mau berwisata ke Singapura bakal menemukan website mereka.

Dan tentunya sebagian orang yang membacanya akan tertarik  membeli tiket pada  Traveloka.

Untuk membentuk cara melakukan content marketing yang baik anda sendiri, nanti saya akan membahasnya khusus pada artikel selanjutnya

4b. Lakukan list building serta email marketing

List building merupakan cara mengumpulkan email dari para calon kustomer.

Sedangkan email marketing ialah metode pemasaran menggunakan email atau surat elektronik sebagai medianya.

Apa sih keistimewaan email?

  • Email marketing dapat  memberikan kontrubusi ROI sebanyak 4.300%
  • 66% konsumen bertindak untuk membeli dari hasil email marketing

Data di atas disadur dari Direct Marketing Association, 2013.

Ini disebabkan email selalu menjadi elemen dari kebiasaan banyak orang. Disebabkan karena  email sudah termoderasi dengan smartphone, maka email dapat (dan akan) jadi sangat efektif daripada SMS.

Karena itu sekarang email jadi lebih personal ketimbang konten yang ditemui pada blog pada umumnya.

Runtutnya seperti ini:

  1. Pengunjung masuk ke website disebabkan usaha content marketing
  2. Setelah tertarik pada konten, lantas mereka melakukan pendaftaran  emailnya
  3. Setelah emailnya di ketahui maka kita  mengirimkan sejumlah konten yang bermanfaat melalui email
  4. Tahap akhir,  melakukan proses penjualan lewat email

Kalau kita lihat pada marketing funnel itu, email marketing adalah cara yang cukup tepat untuk mamaksimalkan upaya pemasaran kita pada elemen consideration.

Karena itu ROI dari email cukup tinggi.

Saya akan membahas email marketing atau panduan list building pada artikel selanjutnya.

Jadi kalau anda menggabungkan metode email marketing serta content marketing, hubungan percaya dari  pembeli akan semakin terjalin.

Sehingga usaha online kita sekarang sudah dapat menyentuh keenam nilai di marketing funnel.

Tak hanya itu…

Usaha online anda menjadi suatu siklus yang tidak akan berakhir. Anda sekarang telah mempunyai sistem untuk menjemput  pengunjung serta melakukan penjualan secara otomatis.

Demikian! Saatnya anda mulai jualan…

Itulah semua langkah yang dapat anda ketahui dalam mulai berjualan.

Bagaimana, tidak sulit bukan ?

Semua tahapan  di atas tidak memerlukan banyak skill untuk memulai, anda dapat belajar sambil mempratekkan langsung.

Akan tetapi  saya yakin masih terdapat  juga yang berpikir ini sulit…

Karena sebab  itu, untuk mengetahui  apakah itu sulit atau tidak…ayo buktikan sendiri dengan cara langsung mempraktekkannya.

Setelah itu kalau masih ada yang belum dimengerti, tinggalkan komen di bawah ini.

Demikian sharing “Mau Punya Usaha Online Sampai Pensiun  Ya Harus Jualan Tahap*4” semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Anda boleh share jika artikel ini bermanfaat !

Untuk artikel keren lainnya

Dapat langsung klik yukbisnisonline (GRATIS)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s