4 (Empat) Badai Kegaduhan Usaha Online yang Membuat Kita Menggelepar

 4 (Empat) Badai Kegaduhan Usaha Online yang  Membuat Kita Menggelepar

Usaha Online
Empat Usaha Online

Mengingat pada saat  di bangku sekolah dan menjalani kuliah, saya ingat  dengan beberapa teman yang mempunyai cita-cita untuk terjun dalam bisnis selepas menyelesaiakan pendidikanya.

Akan tetapi banyak diantara mereka malah menjadi pegawai kantoran.

Timbul pertanyaan dari sekian besarnya  orang yang berkeinginan  mempunyai bisnis, mengapa hanya beberapa gelintir saja yang akhirnya menjadi pebisnis.

Setelah di analisa sederhana, terdapat  3 (tiga)  pertimbangan utama:

Ke satu, tidak mengetahui peluang bisnis apa yang bisa menguntungkan termasuk usaha online, serta  lebih konstan atau terjamin kalau dibandingkan dengan menjadi pegawai.

Kedua, belum mempunyai cukup dana.

Persepsi ini  yang paling banyak terjadi. Kita beranggapan  semua usaha tersebut  membutuhkan dana yang cukup besar, dampaknya  kita memutuskan untuk menjadi pegawai dulu  sambil menghimpun dana.

Setelah itu , timbullah alasan alasan yang lainnya

Ketiga, terlanjur menjadi karyawan serta sudah  berkeluarga.

Karena sudah mempunyai keluarga tanggung jawab mereka akan semakin rumit karena kewajiban tambahan untuk  mengurus keluarga serta rumah tangganya. Kalau membuat keputusan untuk berhenti dari pekerjaan siapa yang akan menanggulangi kebutuhan keluarga, resikonya besar. Disamping itu  karena sudah disibukkan dengan aktivitas rutin pekerjaan jadinya  mereka  tidak bisa untuk memulai bisnis.

Bagi kita  yang menjalani  kendala di atas, artikel ini merupakan jalan keluarnya.

Berikut ini ialah  beberapa kesempatan  usaha online  yang bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan tempat duduk, tidak mengambil waktu, serta bisa kita mulai dengan dana yang tidak  terlalu besar.

Serta  yang paling terpenting, kapasitas usaha online sangat besar.

Ide usaha online mana yang terbaik?

Beberapa ide usaha online yang saya sarankan.

  1. Berjualan Online seperti ( lapaklarismanis.com Klik disini ): Untuk memulai hal tersebut kita diharuskan sudah ada produk yang akan dipasarkan atau minimal sudah mempunyai gambaran apa yang harus dijual.
  2. Membuat blog seperti  (https://yukonlinecom.wordpress.com klik disini): kalau kita  gemar menulis hal ini sangat cocok bagi kita karena anda  belum ada bayangan untuk menjalankan usaha apa.
  3. Amazon FBA: kalau kita dapat  berkomunikasi menggunakan  Bahasa Inggris serta mencari tantangan yang baru

Setelah kita bahas 3 (tiga) usaha online yang bisa di kondisikan untuk berbagai situasi

MARI KITA BEDAH JENIS USAHA ONLINE APA SAJA YANG ADA

  1. Melakukan penjualan produk dengan cara online pada website sendiri

Saat ini banyak sekali  orang yang melakukan kegiatan  ini, disebabkan  prosesnya cukup mudah serta  pendapatannya lumayan besar.

Usaha Online
Membangun Website Usaha Online

Terbukti beberapa dari kita  sekarang sudah menjual produknya secara online 100 % ful.

Karena kemudahan usaha online, caranya dapat kita  lakukan darimana serta kapanpun selama terdapat jaringan  internet. Karena itu, cara  usaha online ini juga cocok untuk kita  yang mempunyai kegiatan lainnya.

Kebiasaanya orang yang belum paham betul mengenai media online sudah menarik diri duluan.

Faktanya tidak sulit  sama sekali.

Kalau kita membaca artikel ini dengan seksama maka kita minimal akan berminat untuk mempelajari lebih dalam apa itu usaha online ….. S E R I U S

Kita  dapat mempergunakan  beberapa fitur yang berbayar maupun free sebagai berikut berikut:

  • Shopify – dimulai dari $14 setiap bulan, lebih gampang serta plaform lengkap
  • WebPraktis – dimulai dari Rp 680.000,- setiap taahun.
  • Yukbisnis– Cuma Cuma atau Free  untuk kategori non premium
  • Halaman Facebook – cukup banyak media ini dipakai oleh usaha online dengan melakukan penjualan memanfaatkan halaman pada Facebook ini.
  • Instagram – Instagram ini  merupakan social media yang berdasarkan tampilan  gambar, karena itu dapat untuk digunakan dalam usaha online.
  • WordPress plus  WooCommerce – ada yang free adapula yang premium dengan estimasi tarif sebesar $40 setiap tahun khusus domain dan hosting

Saya sarankan untuk membangun usaha online berbasis website  gunakan  Yukbisnis karena lengkap dengan video tutorial yang bisa menuntun kita langkah demi langkah agar bisa langsung membuat Website Toko online dan berbahasa Indonesia

Setelah itu kita dihadapkan pada 1 (satu)  kendala lagi …… di mana kita akan  memperoleh barang  untuk dijual……..

Seandainya kita  sudah mempunyai barang sendiri, tentunya hal  ini tidak jadi kendala. Sekarang dengan kita yang belum ada produk serta belum terpikirkan untuk menciptakan produk sendiri.

Mari kita  mengikuti tahapan berikut:

  1. Tentukan jenis barang  yang akan dijual.
  2. Dapatkan  supplier terpercaya seperti ( lapaklarismanis.com klik disini ) dari produk itu.
  3. Mengajak orang yang ada bisnis konvensionalnya  untuk menjadi mitra dalam usaha online.
  4. Dropship (masuk dalam pembahasan ini)

Melakukan penjualan adalah cara yang tidak terlalu sulit untuk dilakukan agar memperoleh pendapatan…

Hal yang dirasakan sulit  ialah dalam  menentukan barang  untuk dipasarkan, karena proses ini memerlukan analisa dan uji petik yang memakan waktu, tenaga, serta biaya. Setelah kita menentukan maka akan lebih mudah kita memulai menjual produk pada usaha online ini

 

  1. Apakah benar lebih mudah usaha online dibandingkan ofline
Usaha Online
Usaha Online dan Offline

Melihat pembahasan sebelumnya bahwa di usaha online untuk memulai biasanya kita membuat website yang tidak membutuhkan dana banyak, sedangkan di bisnis konvensional dana yang diperlukan pastilah jauh lebih besar daripada usaha online seperti menyewa tempat usaha, mendekorasi interior, mengurus izin, melakukan persediaan barang dagangan dan lain sebagainya.

Kalau kita menyimak walaupun membuat website itu cukup mudah, dalam penerapannnya di usaha online kita juga  butuh yang namanya  belajar.

Lebih lebih lagi bila  kita  masih tergolong pemula.

Kalau kita tidak sabar untuk segera menjalan usaha online dan mengatakan   “Saya ingin langsung berjualan! Sekarang juga!”

Jalan keluarnya: kita bisa  berjualan  di marketplace atau pasar online dalam 15 (lima belas) menit kita sudah bisa langsung berjualan dengan produk yang kita sudah pilih, itulah kelebihannya marketplace atau pasar online untuk memulai usaha online anda.

Ada kelebihan ada pula kelemahanya

Kalu kita jualan di Marketplace berarti kita  berjualan di website properti orang lain, karena milik orang lain maka ada cukup banyak keterbatasan. Kendala lainnya  anda tidak dapat mengembangkan  brand atau merek sendiri yang disebabkan ketergantungan  pada website marketplace itu.

Kemudian bagaimana caranya…..

Ketika baru menjalankan usaha online, fungsikan marketplace dalam memperoleh pembeli dan  pendapatan. Setelah bergulir waktu, ciptakan  website anda sendiri dan segera  membujuk  calon konsumen  pada  marketplace kita untuk melakukan kunjungan  ke website kita  sendiri.

Berikut marketplace besar yang bisa anda manfaatkan:

  1. Usaha Online Sedikit Beresiko dengan Cara Menjadi Dropshipper

Pengertian dropshipping artinya anda  usaha online  tanpa harus memiliki stok barang.

Ketika ada calon konsumen yang  mengorder barang  dari kita , maka kita  meneruskan  orderan itu  kepada  pihak ketiga atau suplier. Selanjutnya supplier ini yang akan langsung melakukan pengiriman barang ke pihak pembeli.

Jadi kita  tidak usah melakukan stock barang, karena produknya ada di suplier

 

Usaha Online Dropshipper
Usaha Online Dropshipper

Dalam pengiriman paket supplier akan mengirimkan atas nama kita bila diminta, akan tetapi bila tidak diminta maka supplier akan mencantumkan nama dan alamat supplier sendiri, karena itu kita tidak boleh lupa untuk memintanya agar brand nama toko online kita semakin terpatri di benaknya konsumen.

Didengarnya asik juga kan…..

Kita menjadi dropshipper, maka resiko biaya kirim bisa di tekan seminal mungkin

Keuntungan yang diperoleh bila kita   menjadi dropshipper:

  1. Dana yang dibutuhkan tidak banyak.
  2. Tok barang tidak ada karena stok berarti biaya.
  3. Usaha online ini dapat  dikerjakan di mana saja

Seperti biasa ada keuntungan adapula kelemahannya:

  1. Margin profit  tidak terlalu besar.
  2. Sulit  untuk dapat  memonitoring  persediaan barang dagangan karena stock produk ada di supplier.
  3. Kualitas produk kita tidak dapat melihatnya secara detail.
  4. Menimbang  untung serta  ruginya, jika kita  memilih menjadi dropshipper,  yakin usaha ini  merupakan usaha online yang amat  mudah serta murah.

Produk-produk dropship-nya kita bisa di temukan melalui:

  • Lakukan pencarian di Search Google  dengan menggunakan sebuah  kata kunci dengan awalan “dropship” seelanjutnya kata apa yang akan dicari. Bisa juga kata kunci dropship diganti dengan kata  distributor, reseller, dan supplier.
  • Melakukan order secara langsung dari pelaku usaha online lainnya dengan mengkomfirmasi bahwa anda mau menjadi dropshipper.

Perlu perhatian…..

…meskipun kita  mengorder produk ke supplier akan  tetapi dengan anda menjadi dropshipper tanggung jawab pembeli tetap  ada di tangan kita artinya pasca barang diterima bila ada konfirmasi barang tetap kita yang menjawabnya.

Kiat: Kita beli dulu beberapa barangnnya sebelum menjualnya ke orang lain, agar  kita  mengetahui kualitasnya.

  1. Memilih Usaha Online Sebagai Publisher Iklan Untuk Memperoleh Pendapaatan  Semi-Pasif

Kita sering bertanya mengapa di media internet banyak informasi yang bermanfaat  diberikan secara gratis?

Usaha Online
Publisher Usha Online

Mengapa banyak  orang secara sukarela membuat   artikel-artikel tulisan  yang bagus, yang selanjutnya diterbitkan di blog untuk dibaca oleh orang umum tanpa ada biaya sepeserpun?

Dengan konten artikel yang berkulaitas blog tersebut banyak dikunjungi orang, dengan banyaknya dikunjungi maka blog tersebut akan ditawarkan Iklan berbayar, dari situlah kita akan mendapatkan penghasilan, sehingga Publisher Iklan ini semakin  populer bagi orang yang suka menulis sesuai dengan pengetahuan dan wawasan orang tersebut.

Alur  kerjanya sebagai berikut:

Website atau blog kita – menampilkan banner atau  kode iklan – secara otomotis iklan muncul – orang yang mengunjungi website dan blog kita melakukan klik pada  iklan – Setelah itu  kita akan mendapatkan bayaran.

Mudah bukan?

Hanya Copas (copy-paste)  iklan, kemudian  iklannya dapat  tampak secara otomatis. Tinggal tunggu ada yang klik maka kita akan mendapatkan bayaran, bayangkan kalau yang mengunjungi website kita satu hari ada 1.500 orang dari pengunjung itu 20 % saja mengklik iklan tersebut (@klik Rp. 500,-) berarti setiap hari kita akan mendapatkan Rp.500 X 300 = Rp. 150.000,- dikalikan satu bulan  30 X Rp. 150.000,- = Rp. 4.500.000,- apakah bukan pendapatan yang lumayan, kalau kita punya 10 (sepuluh) website atau blog yang seperti itu, bukankah semakin banyak kita dapatkan dari usaha online itu.

Karena itu metode usaha online tersebut  menjadi sangat populer.

Apa yang harus kita lakukan

  1. Menciptakan konten yang mempunyai kualitas tinggi.

  2. Mengajak  orang lain supaya mengunjungi website kita  serta membaca isi kontennya

Untuk dapat sukses memilih profesi publisher iklan, kita  WAJIB  mempunyai  konten atau tulisan artikel yang berkualitas. Google akan tidak menganggap kalau konten artikel yang kita tulis kualitasnya rendah.

Pada lain  waktu  saya akan membuat artikel bagaimana cara membuat blog dan mendapatkan penghasilan dari blog yang kita tersebut.

Demikian sharing artikel  4 (Empat) Badai Kegaduhan Usaha Online yang  Membuat Kita Menggelepar semoga dapat bermanfat bagi kita.

Anda boleh share jika artikel ini bermanfaat !

Untuk artikel keren lainnya

Dapat langsung klik yukbisnisonline (GRATIS)

 

 

Iklan

One thought on “4 (Empat) Badai Kegaduhan Usaha Online yang Membuat Kita Menggelepar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s