Dasyatnya Inbound Marketing Untuk Bisnis

Sejenis apa  itu Istilah Inbound Marketing

Inbound Marketing Produk
Inbound Marketing Produk

Inbound marketing produk baik produk online  ( klik disini lapaklarismanis.com ) maupun ofline baru dikenal semenjak tahun 2006 dan semakin terkenal di masa serba digital ini.

Sedangkan bentuk marketing konservartif atau konvensional biasa disebut outbound marketing produk semakin kurang efektif serta dianggap membuat tidak nyaman calon konsumen. Penayangan Iklan di media masa seperti di  Televisi, surat kabar, majalah, serta media lainnya seringkali tak disukai banyak orang sehingga makin besar konsumen yang mulai tidak peduli lagi dengan model pemasaran seperti ini.

Melihat persoalan  itu, metode inbound marketing produk menjadi salah satu solusi yang amat efektif digunakan terlebih lagi untuk poduk online. Jadi apa itu istilah  inbound marketing produk?

Perbedaan Istilah Outbound serta Inbound Marketing Produk

Outbound marketing biasa disebut juga  pemasaran konservartif / konvensional memiliki kelemahan yang cukup besar. Seorang marketer “mengganggu” aktivitas calon pembeli dengan tayangan iklan, kiriman email, bahkan deringan telepon dengan tidak  memperhatikan kenyamanan mereka.

Teknik outbound marketing produk

Cara outbound marketing biasanya dilakukan dengan teknik menjangkau calon konsumen aktif keluar (outbound) dengan melalui media. Beberapa media yang sering digunakan di antaranya yaitu iklan televisi, surat konvesional, Koran, serta telepon.

Dengan mengunakan  cara tersebut biasanya ada 3 (tiga) kelemahan dasar dalam menerapkan outbound marketing:

Pertama, Dalam penerapannya dilapangan biasanya  kita secara aktif mengincar semua orang sampai-sampai  yang belum siapun kita prospek untuk menjadi konsumen.

Kedua, kebanyakan  orang akan  merasa terganggu dalam menjalankan  prosesnya sehingga justru dapat  mengalami penolakan-penolakan yang justru akan berakibat buruk pada produk dan perusahaan kita.

Ketiga, untuk menggunakan media marketing itu membutuhkan biaya yang tidak  sedikit.

Teknik Inbound Marketing Produk

Cara inbound marketing produk atau dengan kata lain ‘pemasaran masuk’ ini beda 180 derajat bertentangan jika dibandingkan dengan cara outbound marketing yang konservatif / konvensional.

Kalau Outbound Marketing menitik beratkan dengan melakukan jangkauan  ke luar, teknik inbound marketing produk justru sebaliknya memikat  agar calon pembeli dengan senang hati  “melihat ke dalam produk yang kita tawarkan” tanpa adanya unsur pemaksaan.

Yuk kita lihat pengertiannya:

Inbound marketing produk ialah  strategi pemasaran kontemporer dimana kita berusaha agar calon pembelilah yang terpikat ingin mencari kita. Hal Ini dilakukan memakai cara dengan menyajikan konten-konten yang bisa menarik perhatian serta memotivasi mereka untuk menjadi pembeli.

Inbound marketing terutama klik disini produk online (klik disini) lebih berfokus dalam  menyediakan konten yang berkualitas dan  bermanfaat bagi calon pembeli.

Dengan cara menyediakan konten yang berkualitas, calon konsumen bakal tertarik dengan  manfaatnya. Metode ini terjadi secara apa adanya  tanpa mengganggu aktivitas calon konsumen tersebut. Dampaknya sangat positif karena  akhirnya calon-calon konsumen  ini ada kemungkinan untuk menjadi konsumen tetap.

Inbound marketing produk searah dengan teknologi di masa digital karena dapat  dilaksanakan dengan memanfaatkan fasilitas  serta cara membuat artikel yang bermanfaat  seperti di Blog, Sosial Media, WordPress, Mesin Pencarian Marketing, Konten Marketing,Surat Elektronik atau  Email Marketing, dan lain sebagainya.

Di tambah  lagi dengan melihat kebiasaan calon konsumen era  kini yang banyak menggunakan internet serta mesin pencari buat  mendapatkan informasi. Itulah sebabnya inbound marketing  menjadi cukup popular, Jika kita bandingkan dengan pemasaran konservatif / konvensional, cara ini lebih efesien, efektif, tepat sasaran, terukur, serta hemat biaya.

Metodologi Inbound Marketing Produk

Kiat dari inbound marketing produk terletak dari metodologinya. Menurut HubSpot, terrdapat 4 (empat) tahapan dalam inbound marketing produk untuk mengubah strangers (orang asing)   dari bukan hanya menjadi customers (pelanggan) tapi jauh lebih dari itu yaitu promoters (Promotor) yang secara langsung maupun tidak akan mempromosikan produk online (klik disini) kita.

Inbound Marketing Produk
Metodologi Inbound Marketing Produk
  1. Attract

Calon-calon pembeli  yang sama sekali belum mengenal kita serta  disebut sebagai strangers (Orang Asing), mereka belum mengetahui siapa kita serta apa kegiatan yang kita lakukan atau tawarkan.

Di dalam melakukan pemasaran konservatif / konvensional, intraksi  antara penjual serta calon pembeli dilakukan menggunakan iklan. Akan tetapi  dalam metode  inbound marketing kita bisa menarik minat calon konsumen tanpa mengusik mereka dengan menggunakan media sebagai berikut:

  1. SEO dan SEM
  2. Social media
  3. Blog

Dengan metode menyediakan konten yang pas di blog atau wordpress kemudian dilanjutkan dengan memanfaatkan social media dan metode  SEO untuk melakukan pemasaran  konten tersebut, calon-calon pembeli  akan tertarik untuk melihat  website kita yang nantinya akan menjadi visitor.

Metode  ini sangat penting, justru merupakan hal yang paling fundamental. Sebab dari itu, urgen bagi semua kelompok bisnis terutama produk online yang ingin menggunakan cara inbound dalam membuat konten yang berguna  bagi orang lain.

  1. Convert

Memperoleh visitor saja belum dapat memberikan manfaat apapun. Sehubungan dengan kita sudah mendapatkan animo dari calon konsumen, saatnya mengubah mereka dari calon konsumen  menjadi konsumen. Dengan cara  mendapatkan database kontak mereka, nomor HP,  email dan lain sebagainya.

Bagaimana caranya  mengkonversi visitor dengan email dan contact lainnya, inilah yang kita harus sediakan:

  1. Call to action
  2. Landing page
  3. Form pendaftaran

Dalam melakukan marketing di masa digital, email atau kontak  calon konsumen amatlah berharga. Dengan telah mendapatkan email atau kontak mereka, ini merupakan tahap awal dalam membangun hubungan serta rasa percaya.

  1. Close

Setelah kita mendapatkan email dan kontaknya, yang bisa kita lakukan secepatnya ialah melakukan proses penjualan. Kita sudah mendapatkan kontak dari calon-calon konsumen yang memang tertarik dengan kita, dari kontak yang kita dapatkan ini bisa dengan mudah lebih meyakinkan mereka akan produk online kita.

Inilah cara dan media yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan penjualan:

a.Surat elektronik atau email serta kontak yang sejenis (WhatsApp. Line, Messenger dan lain sebagainya)

b. Untuk calon konsumen yang belum begitu tertarik untuk berinteraksi akan produk online kita, segera kirimkan beberapa pesan dengan menggunakan email serta kontak yang sejenis (WhatsApp. Line, Messenger dan lain sebagainya) untuk meningkatkan keyakinan dari mereka. Pesan yang kita kirimkan  harus tetap mempunyai manfaat.

c. Marketing Automation. Proses pesan berupa email serta kontak yang sejenis (WhatsApp. Line, Messenger dan lain sebagainya) bisa dilaksanakan secara otomatis dengan mengunakan aplikasi semacam email marketing autoresponder.

4.Delight

Bila seseorang sudah menjadi konsumen  kita, bukan berarti metodenya sudah selesai. Mereka yang senang dan puas dengan pelayanan kita bisa jadi bakal memberikan masukan yang bermanfaat, mengimformasikan kelemahan produk kita  atau bahkan mempromosikan pelayanan kita kepada orang lain, karena itu dalam konten kita perlu adanya kolom komentar yang berguna untuk mengevaluasi pelayanan kita.

Penutup

Inilah cara melakukan  marketing  di masa masyarakat digital yang tidak mengusik kenyamanan dan privasi orang lain, tetapi malah memberikan manfaat bagi banyak orang.

Prinsip dasar dari inbound marketing adalah menjadikan diri kita mudah serta menarik untuk ditemukan oleh banyak orang. Dengan cara ini, kita bisa menciptakan sebuah website menjadi mesin marketing yang sangat  luar biasa tanpa harus menjalankan aktivitas luar ruangan.

kunci-ingris
Kunci Ingris (Multi Fungsi)

Demikian sharing mengenai Outbound dan Inbound Marketing  Produk  Online (klik disini) semoga dapat bermanfaat bagi kita.

Anda boleh share jika artikel ini bermanfaat !

Untuk artikel keren lainnya

Dapat langsung klik yukbisnisonline (GRATIS)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s