Cara Gampang Bisnis Kopi Serta Analisanya

Bisnis Kopi dan Analisa Usaha

Cangkir Kopi
Cangkir Kopi

Minuman kopi merupakan ragam minuman yang banyak disukai oleh orang dari remaja, dewasa, sampai orang tua, disebabkan rasanya yang nikmat saat diminum dalam situasi apapun. Minuman kopi telah menjadi tradisi untuk masyarakat Indonesia dari dahulu hingga kini, meminum kopi oleh masyarakat sekitar kita dilakukan pada waktu pagi, siang, dan malam hari, karena waktu tersebut adalah waktu yang tepat dan menjadi kebiasaan masyarakat kita, serta telah melekat untuk masyarakat baik itu dari golongan bawah sampai dari golongan atas. Sepertinya untuk semua lapisan masyarakat sangat menggemari yang namanya kopi ini sampai sampai kalau satu hari saja tidak meminumnya maka rasanya akan ada yang kurang pas di mulut.

Karena sebab itu bisnis kopi tumbuh subur di wilayah Indonesia, karena sangat digemari oleh masyarakatnya.

Biji Kopi yang Baik Sebelum Kupas
Biji Kopi yang Baik Sebelum Kupas

Sebelum kita berbisnis kopi  kita harus mengenali apa yang dimaksud dengan kopi , ia merupakan ragam minuman yang bahan dasarnya adalah biji kopi yang dihasilkan dari tanaman kopi yang sudah cukup matang dan memenuhi syarat untuk dipanen, setelah itu dilakukan pengupasan kemudian dikeringkan menggunakan sinar matahari. Setelah selesai proses pengeringan dilanjutkan dengan metode sangrai guna mendapatkan aroma dan cita rasa kopi yang berkualitas tinggi. Tahap pesangraian bisa dilakukan secara tradisional dengan menggunakan api kecil atau sedang yang kemudian di goreng dengan tidak menggunakan minyak kelapa, adapun yang menggunakan tekhnik modern dengan menggunakan mesin kopi yang dinamakan Rostring. Setelah itu biji kopi digiling hingga halus serta lembut sesuai kebutuhan setelah itu kopi siap dinikmati untuk diseduh ataupun menggunakan mesin kopi espresso ( Klik disini )  menjadi minuman kopi yang nikmat.

Minimuman Kopi Berkualitas dari Kopi Terbaik
Minimuman Kopi Berkualitas dari Kopi Terbaik

Kenapa banyak orang tertarik bisnis kopi karena dari tanaman tersebut di yakini memiliki kandungan senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti senyawa tersebut bisa mencegah penyakit diabetes, penyakit kanker, penyakit jantung, mengurangi sakit kepala dan dapat membuat perasaan menenangkan.

Adapun kandungan kafein yang terdapat dalam kopi bisa dapat mengganggu kesehatan, akan tetapi dengan meminum kopi tidak lebih dari 3 (tiga) cangkir per hari dan jumlah kafein yang cukup ternyata dapat mampu memberikan efek positif yang banyak bagi kesehatan tubuh kita.

Indonesia adalah merupakan salah satu  Negara penghasil kopi terbesar di dunia. Tidak heran kalau kopi kita sangat terkenal di Negara luar sana. Ini terbukti dengan kopi luwak yang memiliki peringkat pertama dengan kualitas terbaiknya, kopi tersebut dihasilkan melalui hewan luwak dengan harga komoditasnya paling tinggi di dunia.

Karena banyaknya di negeri ini yang menjadi penikmat kopi maka bisa dijadikan peluang bisnis kopi  yang sangat menjanjikan dan akan memberi laba yang tentunya tidak sedikit. Minuman ini akan sangat serius ditekuni oleh pelaku bisnis kopi karena perputarannya yang cepat dan berulang. Di sekitar kita sendiri telah banyak orang yang menjadi pelaku bisnis kopi baik itu yang mulai dari warung kopi (Warkop) , kedai kopi, hingga coffee shop modern. Bisnis kopi ini banyak dikunjungi oleh konsumen yang ingin nongkrong-nongkrong serta berkumpul dengan handaitaulan, saudara, teman, ataupun sahabat. Bisnis kopi ini bisa menjadi wadah yang ramai atas kunjungan pencinta dan penikmat kopi dari masa ke masa tanpa terkendala dengan apapun juga yang menghambat bisnis tersebut. Hal tersebut yang menyemangati pelaku bisnis kopi untuk menjadi orang yang sukses pada bisnis tersebut.

Untuk menekuni bisnis kopi maka peluang masih menjanjikan bagi siapa saja yang akan serius dan terjun langsung untuk bisnis tersebut. Bisnis tersebut cukup mudah untuk dilaksanakan tanpa harus mempunyai keahlian khusus mengelolanya.

Membikin kopi tidaklah terlalu rumit serta sulit dimana ada ketekunan maka disitu ada jalan.

Cara praktis ini baik itu yang secara tradisional maupun menggunakan mesin kopi espresso ( Klik disini ) membuat bisnis kopi adalah salah satu bisnis yang menguntungkan. Karena itu kita harus mengetahu bagaimana cara memulai atau mengawali bisnis kopi, ada beberapa yang harus dipelajari antara lain :

Tempat yang Menentukan Bisnis Kopi

lapak laris manis tempat ngopi
Tempat Ngopi

Untuk pemilihan tempat adalah menjadi faktor yang sangat penting bagi kelangsungan bisnis kopi anda, karena pemilihan tempat usaha adalah menjadi strategi pertama yang patut untuk diperhatikan, karena hal tersebut amat berpengaruh akan sukses dan tidaknya bisnis kopi  yang kita kelola. Dalam memilih tempat yang nantinya akan digunakan untuk bisnis kopi anda tentunya harus dilakukan survey dan analisa terlebih dahulu apakah tempat itu sudah sesuai dengan standar yang ada, seperti tempat parkir, pusat kota, tempat rekreasi, mall, sekolah, kampus, perkantoran, pinggir jalan raya ataupun tempat yang dekat di wilayah pabrik serta Rumah Sakit.

Penentuan Target Pasar

lapak laris manis target pasar
Target Pasar

Untuk bisnis kopi kita harus melihat sasaran target pasar kita, kenapa karena pemilihan target pasar memiliki salah satu faktor  yang amat penting dalam penentuan target pasar yang ada. Kita wajib menganalisa siapa saja yang akan membeli produk kita. Perihal ini dapat untuk diketahui dengan melakukan analisa yang berdasarkan dengan tempat yang kita pilih. Misalnya tempat yang kita pilih adalah daerah perkantoran maka kita harus mengamati tentang orang perkantoran dengan cara melihat:

  1. Kendaraan apa yang dia bawa berarti ini sangat berhubungan dengan tempat parkir.
  2. Carakter dan cara bersikap sehari-hari di lingkungan kantor, ini sangat berhubungan dengan pelayanan apa yang akan kita berikan serta produk apa yang kita tawarkan apakah yang tradisional atau yang menggunakan mesin kopi espresso.
  3. Apakah lokasi bisnis kopi kita berada di perkantoran besar atau kecil, ini sangat berhubungan dengan harga yang kita tentukan serta konsep interior bisnis kopi nantinya dan lain sebagainya.

Menu yang akan di sajikan

Untuk membuka bisnis kopi, kita juga harus menyediakan menu apa yang menjadi magnet dalam menjalankan usaha. Bagaimana aroma dan macam rasa serta varian dari produk kita khususnya minuman kopi tersebut, apakah kita menciptakan kopi dengan rasa tradisioanal ataukan menggunakan mesin kopi espresso, dikombinasi susu, dicampur cokelat, kopi caramel, kopi tiramisu, rasa buah, keju, serta aneka rasa lainnya. Selain itu kita juga harus menyajikan menu tambahan lainnya seperti makanan sarapan, makanan ringan, kue, serta jenis minimum selain kopi.

Izin Usaha

Sebelum menjalankan bisnis kopi kita juga wajib memiliki izin usaha, agar bisnis kopi  kita didirikan secara legal serta terdaftar di pemerintahan. Disamping itu kita akan lebih mudah mengembangkan serta memperluas bisnis kopi yang kita kelola.

Perekrutan Karyawan

Perekrutan karyawan sangat berperan penting dalam melancarkan bisnis kopi kita, karena dengan karyawan yang sesuai dengan harapan (bertanggung jawab, dipercaya, rajin, sopan, murah senyum dan lain lain) maka akan menjadi asset perusahaan yang sangat berharga.

Pemasaran Bisnis

Dalam memasarkan baru maka langkah yang paling umum adalah melakukan pemasaran dengan cara promosi, ini dapat dilaksanakan melalui langkah promosi baik itu secara off-line (Sebar Brosur dan Pemberian Voucher) maupun secara on-line (Media Sosial, Marketplace, Buat Website dan lain lain).

Analisa Bisnis Kopi

Analisa bisnis kopi dilihat dari biaya dan kebutuhan yang akan diperlukan dalam memulai dan mengawali usaha tersebut :

Peralatan

Cup Sealer sebesar Rp, 1. 850.000,-

Mesin Kopi Espresso (klik disini) sebesar Rp. 5.500.000,-

Stand sebesar Rp. 2.000.000,-

Peralatan lainnya sebesarnya Rp. 5.000.000,-

Total 14.350.000,-

Biaya Tetap per Bulan

Upah Karyawan Rp. 4.000.000,-

Sewa Tempat Rp. 2.000.000,-

Penyusutan peralatan dan mesin 5 % sebesar Rp. 525.000,-

Air dan listrik Rp. 550.000,-

Total Rp. 7.075.000,-

Biaya Variable per Bulan

Air mineral isi ulang sebesar Rp. 200.000,-

Gula  dan Susu Rp. 2.800.000,-

Teh Rp. 500.000,-

Kopi Rp. 3.500.000,-

Cup dan Plastik Rp. 950.000,-

Total Rp 11.900.000,-

Biaya Operasional Sebesar Rp. 18.975.000,-

 

Estimasi Penjualan

Penjualan per hari 100 Cup Kopi dengan harga pe Cup @Rp. 12.500,-

100 buah X Rp. 12.500,- X 30 Hari = Rp. 37.500.000,-

Keuntungan

Total Pemasukan – Biaya Operasional

Rp. 37.500.000,- –  Rp. 18.975.000,-

Keuntungan Rp. 18.525.000,-

Demikian sharing mengenai informasi usaha kopi baik yang tradisional maupun yang menggunakan mesin kopi espresso  serta analisa bisnisnya, semogaartikel ini  bermanfaat bagi kita semuanya.

Anda boleh share jika artikel ini bermanfaat !

Untuk artikel keren lainnya

Dapat langsung klik yukbisnisonline (GRATIS)

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s