Perlukah Web Toko Online?

Perlukah Web Toko Online, jika berjualan di SocMed saja Omset sudah Ratusan Juta?

lapak-laris-manis-1

Pertanyaan ini sering muncul bagi pengusaha yang baru berkecimpung dalam Bisnis Online, berikut akan saya berikan sedikit gambaran.

Web Online kita analogikan sebagai toko di dunia nyata, sementara SocMed sebagai booth pameran Anda atau stand yang kontraknya sewaktu-waktu akan habis.

Melalui pameran, penjualan dapat menjadi sangat ramai.  Namun, terbatas karena sewaktu-waktu pameran tersebut habis masanya atau sudah mulai sepi pengunjung.

Kemana pelanggan akan mencari Anda jika Anda sudah tidak lagi pameran di tempat yang sama?

Disinilah fungsi dari toko.  Anda cukup memberikan kartu nama yang berisi alamat lengkap toko Anda ketika pameran, dan Pelanggan akan mencari toko Anda, ketika anda sudah tidak lagi membuka booth pada pameran tersebut.  Pelanggan akan dapat dengan mudah membeli produk yang dibutuhkannya dan Anda tentunya tak akan kehilangan pasar.

Sama halnya dengan Bisnis Online, mungkin sekarang ini hanya dari Facebook, Anda sudah bisa menghasilkan omset ratusan juta, namun sampai kapan? Jika tiba-tiba facebook menerapkan peraturan baru di mana Anda sudah tidak boleh lagi berjualan di sana, apa yang bisa Anda lakukan? Atau jika facebook sudah semakin ditinggal penggunanya karena bosan, Omset Anda akan terus merosot.

Anda mungkin akan berpikiran Mustahil Facebook ditinggal penggunanya sekarang saja penggunanya semakin banyak. Tapi, ingat dulu pernah ada friendster, SocMed yang sangat digandrungi pada masanya sekarang sudah tidak terdengar bahkan mungkin hilang, tenggelam karena keberadaan FB, Twiter, Path dan lain-lain. Hanya satu yang  selalu ada sejak dahuu hingga saat ini, yaitu WEBSITE.

Berjualan di SocMed memang ramai, tetapi sifatnya hanya sementara.  Oleh karena itu, manfaatkan SocMed untuk menarik pembeli ke website Anda. Di web Anda dapat mengumpulkan database mereka, seperti Nama, Alamat, No. Hp, Email, dll.  Sehingga nantinya Anda mempunyai database untuk melakukan follow up di kemudian hari. Ini salah satu hal yang tidak bisa dilakukan dengan SocMed.

Masihkah Anda terlena dengan omset dari Socmed yang sesaat? Jika ya, siap-siap merana di kemudian  hari atau Insaf dan mulai membangun web Toko Online Anda sebagai Markas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s